Bendahara KOI jadi tersangka korupsi sosialisasi Asian Games

Jumat, 23 Desember 2016 16:56 Reporter : Ronald
Bendahara KOI jadi tersangka korupsi sosialisasi Asian Games karnaval Asian Games. ©2015 merdeka.com/irwanto

Merdeka.com - Polisi telah menetapkan dua orang tersangka terkait kasus dugaan korupsi sosialisasi Asian Games. Keduanya yakni Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Dody Iswandi dan seorang pengusaha pemenang tender, Ikhwan Agus.

Terbaru, polisi kembali menetapkan seorang tersangka yakni Bendahara KOI Anjas Rivai. Total sudah ada tiga tersangka dalam kasus ini.

"Iya betul, yang bersangkutan sudah kami lakukan pemanggilan untuk diperiksa sebagai tersangka," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Wahyu Hadiningrat, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (23/12).

Wahyu mengatakan, Anjas seharusnya menjalani pemeriksaan pada Kamis (22/12) kemarin. Namun Anjas tidak memenuhi panggilan dengan alasan sakit dan meminta ditunda.

"Yang bersangkutan bersedia diperiksa pekan depan," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Anjas Rivai terlibat dengan proses lelang sosialisasi Asian Games yang tidak sesuai prosedur. Namun, Argo enggan menjelaskan secara rinci peran dari Bendahara KOI tersebut.

Selain itu, Argo juga tak menepis apabila pihaknya akan memanggil untuk diperiksa Ketua KOI Erick Thohir.

"Kalau ada hubungannya bakal diperiksa. Total saksi banyak pokoknya berkaitan dengan melihat dan mendengar," pungkasnya.

Akibat korupsi tersebut, negara dirugikan sekitar Rp 5 miliar. Terhadap kedua tersangka dikenakan Pasal 2 dan atau Pasal 3 UU korupsi dan Pasal 3 dan atau Pasal 5 UU No 8 tahun 2010 tentang TPPU.

[dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini