Belum Ada Angkot, Warga di Sepaku Andalkan Sepeda Motor

Sabtu, 31 Agustus 2019 01:31 Reporter : Saud Rosadi
Belum Ada Angkot, Warga di Sepaku Andalkan Sepeda Motor Jalan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur. ©2019 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Kecamatan Sepaku, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, disebut akan menjadi lokasi ibu kota negara (IKN) baru, selain kecamatan Samboja, di Kutai Kartanegara. Urusan transportasi di Sepaku, jangan harap ada angkutan kota.

Merdeka.com berkunjung ke Sepaku pada 27-28 Agustus 2018 lalu. Penelusuran jalan darat sepanjang 20 kilometer dari Semoi I sampai ke Pasar Rabu di Semoi III, tidak menemukan satupun angkutan kota.

Tidak sedikit, warga lalu lalang menggunakan roda dua di Sepaku. Mereka mengandalkan sepeda motor untuk mengantar dan menjemput putra putri mereka di sekolah TK-SMP.

"Di sini hanya ada angkutan umum sejenis minibus," kata Camat Sepaku Risman Abdul, kepada merdeka.com, Jumat (30/8).

Dia menjelaskan, angkutan umum sejenis minibus itu jadi sarana warga untuk bepergian meninggalkan Sepaku.

"Umumnya, angkutan umum itu, jadi sarana warga berbelanja kebutuhan di Balikpapan. Tidak ada jurusan lain (semisal rute Sepaku ke Penajam)," ujarnya.

Urusan kebutuhan listrik, Risman mengungkapkan, sementara ini berasal dari sistem jaringan pembangkit PLN di Kalimantan Selatan. Sehingga kini kawasan tersebut sudah tidak lagi mengalami listrik padam.

"Iya, dulu memang sempat listrik hanya hidup siang, sore, sampai malam hari saja. Tapi kalau sekarang, sudah melayani 24 jam," ungkapnya.

Rahmat, warga Semoi III, perantau asal Pulau Jawa mengatakan, sebelumnya sampai tahun 2009, listrik di Sepaku, memang tidak melayani masyarakat selama 24 jam.

"Hidupnya sore sampai malam saja. Setahun kemudian sekitar 2010, baru 24 jam. Mudahan setelah jadi ibu kota ini, semakin banyak perubahan dan perbaikan infrastruktur di Sepaku," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini