Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Metro Jaya akan Evaluasi SOP Pengamanan

Selasa, 4 Oktober 2022 10:13 Reporter : Bachtiarudin Alam
Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Metro Jaya akan Evaluasi SOP Pengamanan Arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Instagram/@kapoldametrojaya ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran bakal melakukan evaluasi standar prosedur pengamanan jajarannya. Dia belajar tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang memakan korban ratusan orang.

"Berkaca pada peristiwa di stadion Kanjuruhan Malang Jawa timur, memberikan kita turning points untuk melakukan evaluasi terhadap standar sistem pengamanan kita," kata Fadil saat apel gelar pasukan, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10).

Evaluasi potensi gangguan keamanan itu dilakukan dalam rangka persiapan pengawalan jelang kegiatan 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) yang digelar 5-7 Oktober 2022.

"Bagaimana kita mempedomani Secara betul tahapan-tahapan. Mulai dari kerumunan sampai dengan tahap tahap berkumpulnya massa yang dapat menimbulkan terjadinya kekacauan," ucapnya.

Menurut Fadil, jajarannya harus memahami bagaimana aturan standar pengamanan yang telah diatur pada Perkap No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.

Atas hal itu, Fadil menyadari tragedi di Stadion Kanjuruhan telah membuat tindakan pengamanan kepolisian menjadi sorotan luas untuk ke depannya segera diperbaiki.

2 dari 2 halaman

"Peristiwa ini telah menjadikan semua pandangan masyarakat tertuju kepada kita, maka dari itu kedepankan langkah langkah pencegahan, perkuat tahapan persiapan, dalam berbagai kesempatan selalu saya sampaikan filosofi taylor (penjahit)," imbuh dia.

"Filosofi bagaimana kita menjahit baju, bahwa setiap orang memiliki ukuran yang berbeda, oleh sebab itu setiap langkah pengamanan menyesuaikan dengan ukuran, karakteristik dari penggunanya, dari situasi," tambah dia.

Fadil berharap jajarannya bisa memahami betul dalam segala tindakan ketika melakukan pengamanan. Termasuk, menghindari penyelewengan dan penyimpangan yang dilakukan anggota saat bertugas di lapangan.

"Jadi segala keputusan yang akan kita ambil harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi dinamis di lapangan. kita berharap kegiatan Sidang ke 8 G20 parliamentary speakers summit P20 ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir," tuturnya. [ray]

Baca juga:
Kemensos Beri Layanan Psikososial untuk Keluarga Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan
Kisah Andik Anak & Istri Wafat di Tragedi Kanjuruhan, Si Bungsu Selamat Usai Dilempar
Suporter Sepak Bola di Berbagai Daerah Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan
Fakta yang Terungkap dari Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini