Banjir terus meluas di Samarinda, 10.000 jiwa terkena dampak

Jumat, 7 April 2017 01:03 Reporter : Nur Aditya
Banjir terus meluas di Samarinda, 10.000 jiwa terkena dampak Banjir Samarinda. ©2016 Merdeka.com/Nur Aditya

Merdeka.com - Banjir di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, semakin meluas. Sampai dengan hari ini, banjir merendam sekitar 4.000 rumah di 3 kecamatan termasuk Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri di Jalan Mayjend Sutoyo yang mengakibatkan 60 lansia dievakuasi.

Situasi sore ini, ketinggian air terus naik. Sementara BPBD Kota Samarinda sudah kehabisan perahu karet di wilayah banjir.

Ribuan rumah yang terendam hingga 1,5 meter tersebar di Kelurahan Sempaja Timur, Kelurahan Sempaja Utara di Kelurahan Samarinda Utara, Kelurahan Gunung Lingai dan Kelurahan Temindung Permai di Kecamatan Sungai Pinang, dan Kelurahan Sidodadi di kecamatan Samarinda Ulu.

"Bantuan kita dari BPBD Kota ada 7 perahu, sudah habis," kata Kepala BPBD Kota Samarinda, Endang Liansyah, saat dikonfirmasi, Kamis (6/4).

Dia menerangkan, selain BPBD Samarinda, perahu karet dan fiber, juga diterjunkan tim relawan bencana, BPBD Kalimantan Timurz fire rescue, tim reaksi cepat, hingga berjumlah 25 perahu karet.

"Kami juga distribusikan bantuan bertahap ya. Paket bantuan berisi beras 5 kg, gula, minyak goreng, kopi, telur, untuk tiap keluarga," ujar Endang.

"Semua kepala keluarga yang terdampak banjir, ada sekitar 4.000 KK ya, atau sekitar 10.000 jiwa. Pendataan masih berjalan sampai sekarang ini," tambah Endang.

Pascahujan deras Kamis diri hari, luapan Sungai Karang Mumus (SKM) telah meluber ke badan jalan seperti di Jalan Gatot Subroto di kelurahan Bandara, Jalan Dr Sutomo di kelurahan Sidodadi, Jalan Letjend S Parman, Jalan Ahmad Yani, Jalan KH Hasan Basri.

"Ya, ada peningkatan ketinggian air ini ya sekitar 25 sentimeter. Kawasan jalan yang sebelumnya belum terendam banjir, sekarang sudah banjir," ungkapnya.

"Yang kita khawatirkan, air sungai malam ini pasang, dan limpahan air dari utara Samarinda, terus turun ke bawah. Sedangkan di Bendungan Benanga, air limpasan sudah di atas pintu air. Kami terus siaga," jelas Endang. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Banjir Samarinda
  4. Samarinda
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini