Banjir 1,5 Meter Rendam Rumah Warga, Masa Tanggap Darurat di Samarinda Diperpanjang

Kamis, 13 Juni 2019 18:25 Reporter : Saud Rosadi
Banjir 1,5 Meter Rendam Rumah Warga, Masa Tanggap Darurat di Samarinda Diperpanjang Pemkot Samarinda Perpanjang Masa Tanggap Darurat Banjir. ©2019 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Banjir enam hari ini di ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Samarinda, perlahan surut di sejumlah ruas jalan. Meski begitu, banjir masih merendam permukiman hingga 1,5 meter dan melumpuhkan kawasan bisnis.

Pemkot Samarinda memperpanjang masa tanggap darurat hingga 21 Juni 2019. Masa tanggap darurat bencana banjir sejak Sabtu (8/6) sedianya berakhir Jumat (14/6) besok. Namun demikian sampai hari ini banjir masih merendam permukiman di 13 kelurahan di 3 kecamatan.

"Benar, kita perpanjang masa tanggap darurat sampai tanggal 21. Karena rumah warga ketinggian air masih dalam," kata Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chaeruddin, dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (13/6).

Menurut Sugeng, perpanjangan masa tanggap darurat kedua itu juga untuk memaksimalkan pendistribusian bantuan logistik dan kesehatan kepada warga korban banjir. "Iya, juga untuk menambah waktu penanganan korban. Misalnya distribusi bantuan kepada warga," ujar Sugeng.

Pantauan merdeka.com pukul 17.15 WITA, banjir masih melumpuhkan kawasan bisnis Jalan A Yani dan Jalan A Yani II hingga Jalan KH Hasan Basri, hingga Jalan Letjend S Parman. Pertokoan dan perkantoran dominan masih menutup operasional, lantaran ketinggian hingga di atas lutut.

Di sisi lain, kawasan bisnis yang terendam banjir jadi kawasan wisata warga untuk bermain air. Apalagi, sebagian siswa sekolah pun masih menjalani masa libur sekolah sampai hari ini.

Diketahui, banjir di 13 kelurahan di 3 kecamatan di Samarinda, jumlah korban terdampak banjir sampai hari ini terus bertambah. Setelah sebelumnya angka sementara menyentuh 36 ribu jiwa, sampai siang ini tadi bertambah menjadi 56 ribu jiwa. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir Samarinda
  2. Banjir
  3. Samarinda
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini