Bangun Asrama Nusantara, Jokowi Ingin Mahasiswa Bersatu dan Saling Mengenal

Selasa, 29 November 2022 16:35 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Bangun Asrama Nusantara, Jokowi Ingin Mahasiswa Bersatu dan Saling Mengenal Wagub Jabar Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Desa Terdampak Gempa Bumi di Cianjur. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur. Jokowi setuju AMN dibangun agar seluruh mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia bersatu dan tidak saling bergesekan.

"Memang usulan pertama mengenai asrama mahasiswa Nusantara ini berasal dari 61 tokoh-tokoh Papua yang saat itu datang ke Istana," kata Jokowi seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11).

Jokowi menyadari selama ini banyak sekali konflik yang terjadi di kalangan mahasiswa. Salah satu penyebabnya, antarmahasiswa tidak saling mengenal.

"Karena banyaknya peristiwa gesekan antar mahasiswa dan ini kalau kita lihat hampir di semua provinsi utamanya di kota-kota pendidikan selalu bahwa setiap provinsi itu memiliki asrama sendiri-sendiri," ujarnya.

"Papua punya sendiri asrama, nanti dari provinsi yang main punya asrama sendiri provinsi yang lain punya asrama sendiri, sehingga kita tidak saling mengenal," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Kepala Negara menegaskan, Indonesia adalah negara besar yang memiliki 714 suku berbeda-beda. Artinya, keberagaman tersebut menjadi kekuatan, bukan kelemahan.

"Hati hati keberagaman Indonesia adalah kekuatan bukan kelemahan. Kalau kelemahan artinya gampang diadu-adu domba, enggak, ini adalah kekuatan kalau kita bisa kompak kita bisa rukun dan kita bisa bersatu," ujarnya.

Oleh sebab itu, saat ada usulan mengenai pembangunan AMN, Jokowi langsung setuju. Selain di Surabaya, pemerintah akan membangun AMN di provinsi dan kota-kota yang membutuhkan.

"Saat ini sudah di Surabaya, nanti di Manado, berikutnya di Makassar, berikut di Bantul, berikutnya di Malang, berikutnya di DKI Jakarta, dan seterusnya, untuk apa? Untuk kita saling mengenal," ucapnya. [tin]

Baca juga:
Jasad Mahasiswi Unair yang Diduga Lompat dari Kapal Ditemukan di Kepulauan Selayar
Raih IPK 3,91, Begini Kisah Mahasiswa Unej Berhasil Kuliah “Tanpa Bayar” Hingga Lulus
Surat Keluhkan Bau Badan Mahasiswa Viral, Ini Penjelasan Ketua Jurusan Arsitektur USK
Aksi Tabur Bunga Memperingati Tragedi Semanggi I
Pasang Spanduk Tolak G20 Bali, 7 Mahasiswa Universitas Udayana Ditangkap
Mahasiswi Unhas Ditemukan Tewas Gantung Diri di Rumah Kosong

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini