Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bambang Soesatyo Luncurkan Buku 'Negara Butuh Haluan'

Bambang Soesatyo Luncurkan Buku 'Negara Butuh Haluan' Bambang Soesatyo Luncurkan Buku Negara Butuh Haluan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kembali meluncurkan buku terbarunya yang berjudul 'Negara Butuh Haluan' yang akan segera terbit pada 10 September 2021 mendatang. Buku ini merupakan kelanjutan dari buku sebelumnya 'Cegah Negara Tanpa Arah'.

Bamsoet mengungkapkan keberadaan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) akan menggambarkan capaian besar yang ingin diraih Indonesia dalam 50 sampai 100 tahun ke depan.

Presiden, gubernur, bupati/wali kota terpilih bertugas menjabarkan teknis cara pencapaian arah besar Indonesia yang terangkum dalam PPHN.

"Dengan demikian, visi misi calon presiden, gubernur, dan bupati/wali kota akan merujuk kepada PPHN sebagai visi misi negara," ujarnya.

bambang soesatyo luncurkan buku negara butuh haluan©2021 Merdeka.com

Sementara itu, Prof Dr Arif Satria, Ketua Dewan Pertimbangan Forum Rektor Indonesia 2021-2022 menjelaskan Indonesia merupakan bangsa besar dengan visi besar. Dan untuk mencapainya harus dibangun optimisme dan kepercayaan diri.

"Apa visi kita tahun 2045? Berbagai skenario telat dibuat dan menjadikan Indonesia sebagai negara adidaya tahun 2045, persis 100 tahun Indonesia merdeka. Banyak yang pesimis terhadap visi ini," katanya.

Guru Besar Ekonomi Politik IPB, Prof Didin S. Damanhuri mengatakan Sudah saatnya Indonesia memilih Mazhab Pemikiran Ekonomi berbasis Konstitusi.

"Sebab, kelemahan kita sekarang ini adalah berjalan tanpa arah yang jelas dan hanya mengandalkan RPJMN yang dikembangkan dari Visi dan Misi Presiden Terpilih sehingga tingkat comprehensiveness, partisipasi stakeholder dan legitimasi mandat rakyat terhadap platform pembangunan menjadi rendah. Dengan begitu, apabila terjadi penyimpangan dari Presiden terhadap RPJMN tidak jelas pertanggungjawabannya," tutupnya.

(mdk/hhw)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP