Antisipasi Corona, Pemprov NTT Akan Tutup Perbatasan RI-RDTL

Minggu, 15 Maret 2020 04:04 Reporter : Ananias Petrus
Antisipasi Corona, Pemprov NTT Akan Tutup Perbatasan RI-RDTL Siswa sekolah di perbatasan RI-RDTL nekat terobos banjir ke sekolah. ©2019 Merdeka.com/Ananias Petrus

Merdeka.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat akan menutup sementara pintu perbatasan RI-RDTL, yang tersebar di Kabupaten Belu, Timor Tengah Utara dan Malaka.

Penutupan sementara waktu ini dilakukan, untuk menghindari Virus Corona yang semakin mewabah di Indonesia.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu kepada merdeka.com menegaskan, Senin (16/3) akan dilakukan rapat bersama seluruh Forkopimda untuk mengkaji rencana penutupan sementara tersebut.

"Hari Senin ini akan dilakukan rapat bersama untuk menutup sementara perbatasan Timor Leste seperti yang dikatakan bapak gubernur tadi. Nah hari Senin kami akan memutuskan, kapan akan dimulai dan apakah nanti hanya perbatasan darat, udara maupun laut.
Ini adalah satu langkah antisipatif pemerintah terkait dengan menyebarnya virus Corona," katanya, Sabtu (14/3).

Menurut Marius, rencana penutupan sementara perbatasan hanya untuk melindungi masyarakat Nusa Tenggara Timur dari penyebaran Virus Corona. Terkait kapan dibuka kembali, pemerintah akan memantau perkembangan situasi yang ada.

"Rencana ini akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat karena Pos Lintas Batas Negara Terpadu merupakan otoritas pusat. Namun sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, dan gubernur sebagai pemimpin daerah mempunyai kebijakan untuk melindungi masyarakatnya. Jadi tujuan kita hanya untuk melindungi masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, rapat yang digelar akan menghadirkan Danrem, Kapolda, Imigrasi, Bea Cukai serta Badan Perbatasan untuk bersepakat kapan ditutup dengan durasi berapa lama.

"Semoga pemerintah pusat hadir untuk bersama memutuskan, kapan ditutup untuk berapa lama dan sebagainya," tambahnya.

Marius berharap agar masyarakat tidak panik, namun tetap tenang sambil menjaga daya tahan tubuh, membersihkan lingkungan rumah serta selalu mencuci tangan menggunakan sabun, usai beraktifitas. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini