Anies Janjikan Bikin Kantor Khusus Lulusan Diaspora

Sabtu, 10 Agustus 2019 19:42 Reporter : Merdeka
Anies Janjikan Bikin Kantor Khusus Lulusan Diaspora Anies Baswedan di Kongres Diaspora Indonesia. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan berpesan orang Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri tak sekedar mencari ilmu. Pesan yang sama juga disampaikan teman-temannya kala Anies berkuliah di Amerika Serikat.

"Saya selalu berpesan teman-teman yang sedang kuliah di luar negeri jangan pulang cepat-cepat. Selesai sekolah jangan langsung pulang," kata Anies di acara Kongres Diaspora Indonesia ke 5 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/8).

Menurut Anies, menuntut ilmu di luar negeri bukan hanya untuk meningkatkan kualitas sebagai pribadi, tetapi membangun jejaring yang sangat luas. Makanya, sebaiknya Diaspora yang berstatus mahasiswa juga bekerja.

"Kalau Anda langsung pulang, Anda hanya diploma saja. Tidak punya kompetensi yang world class," ujar dia.

Anies menerangkan, saat ini potensi Diaspora sangat luar biasa. Anies berharap mereka bisa kembali ke Indonesia dan turut mengembangkan tiga sektor besar di Indonesia.

"Sektor swasta, sektor pemerintahan, dan civil society. Tiga sektor ini yang sekarang besar di Indonesia," ujar dia.

Anies akan Buat Kantor Khusus Diaspora

Anies mengaku akan menjadi fasilitator bagi Diaspora Indonesia yang pulang ke Indonesia. Mantan Mendikbud ini pun berencana membangun kantor Indonesian Diaspora Network (IDN).

"Kantor IDN akan jadi co-working space transisi sampai mendapatkan tempat permanen untuk berkarya di Indonesia. Di sini mereka bertemu dengan komunitas bisnis dan civil society," ujar dia.

Anies menjelaskan, pihaknya lebih dulu menjalin komunikasi dengan beberapa stekholder untuk menentukan lokasi kantor. Adapun opsi yang memungkinkan yakni di Jalan Kuningan atau Gatot Subroto.

Menurut dia, lokasinya harus berada di jantung perekonomian Indonesia. Sehingga memudahkan mobilitasya.

"Nanti saya harus bicara dulu. Saya akan mengatur kantornya di segitiga emas ini jadi ada di pusat kota Jakarta. Jadi bisa disebut sebagai hause of diaspora of Indonesia," ucap dia.

Selama ini, Anies mengatakan, Diaspora Indonesia yang tidak memiliki Indonesia kebingungan. "Kami semua pernah pulang merasakan ketika kembali tidak tahu harus ke mana memulainya," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Anies Baswedan
  2. Diaspora
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini