Anggota DPR Lapor Kapolri: Di Daerah Banyak Cerita Rekayasa Kasus oleh Polisi

Rabu, 24 Agustus 2022 17:13 Reporter : Ahda Bayhaqi, Muhammad Genantan Saputra, Muhamad Agil Aliansyah
Anggota DPR Lapor Kapolri: Di Daerah Banyak Cerita Rekayasa Kasus oleh Polisi DPR rapat dengan Kapolri terkait penembakan Brigadir J. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Anggota Komisi III Benny K Harman meminta kasus pembunuhan terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat yang didalangi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dijadikan Polri untuk membenahi internal. Benny menilai pengawasan internal Polri harus diperkuat tanpa ada faksi-faksi di tubuh korps Bhayangkara.

"Pengawasan internal kepolisian harus kuat pak. Jangan lagi ada kelompok-kelompok didalamnya, matahari hanya ada satu, bapak," kata Benny dalam rapat antara Komisi III DPR dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

Benny memaklumi di setiap institusi memiliki masalah, tetapi dengan kewenangan dimiliki Kapolri diharapkan persoalan tersebut dalam diselesaikan. Termasuk Benny meminta Kapolri menuntaskan persoalan rekayasa kasus di daerah.

"Bapak perintahkan sampai tingkat kabupaten kota banyak sekali cerita rekayasa kasus, mohon maaf saja banyak sekali mungkin kesempatan lain kita akan membawa menyampaikan laporan tentang rekayasa kasus," ujar Benny.

2 dari 2 halaman

Polri Diminta Menjaga Independensi

Benny juga meminta Polri menjaga independensi. Dia berharap Polri tak menjadi alat politik atau tim sukses dalam Pileg maupun Pilpres.

"Jadi ada satgas-satgas, satgas apa merah putih, apalagi satgas yang lain. satgassus, kalau bisa sudah dibubarkan ini, ya pak sudah dibubarkan pak," kata Benny.

Terakhir Benny meminta Kapolri agar menegakkan hukum tak tumpul ke atas. Hal itu sekaligus menepis pesimisme publik terhadap kepolisian.

"Ketiga tegakkan lah hukum sepetri yang menjadi komitmen bapak secara adil tanpa pilih kasih. Kita balikanlah apa yang publik katakan selama ini hukum tajam ke bawah tumpul ke atas. Bapak balikkan tajam ke atas ya kalau tak bisa tajam ke atas ya mungkin ke samping," tutup anggota Komisi III DPR fraksi partai Demokrat ini.

Baca juga:
Keadilan untuk Polisi 'Terpaksa' Manut Perintah Irjen Ferdy Sambo
Johan Budi: Menyakitkan, Ada Istri Kapolsek Pamer Sepeda Rp300 Juta di Medsos
Komisi III Soroti Permasalahan Kultur di Internal Polri Akibat Kasus Ferdy Sambo
Komisi III Minta Kapolri Ungkap Nama dan Peran Pelanggar Etik di Kasus Ferdy Sambo
Politikus PDIP: Kepercayaan Jokowi pada Polri Sirna Sekejap Karena Mafia
Anggota Komisi III Lihat Ada Agenda Memecah Kabareskrim dengan Ferdy Sambo
Johan Budi Sebut Kematian Brigadir J Terungkap Setelah Diramaikan Netizen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini