Andika Perkasa dan Pratikno Jadi Saksi Pernikahan Adik Jokowi

Senin, 23 Mei 2022 12:50 Reporter : Arie Sunaryo
Andika Perkasa dan Pratikno Jadi Saksi Pernikahan Adik Jokowi Jenderal Andika Perkasa dan istri di Ausie. instagram Jenderal Andika Perkasa

Merdeka.com - Panglima TNI Andika Perkasa dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno akan menjadi saksi pernikahan adik kandung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (26/5) di Solo. Andika akan menjadi saksi dari mempelai pria Anwar Usman, sementara Pratikno menjadi saksi mempelai wanita, Idayati.

Kabar tersebut disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Solo Arba’in Basyar, saat ditemui. Senin (23/5). Kedua saksi telah didaftarkan di kantornya.

"InsyaAllah nanti saksinya bapak Pratikno dan juga bapak Andika M Perkasa. Yang pihak perempuan pak Pratikno, yang laki-laki pak Andika M Perkasa," ujarnya.

Terkait persiapan untuk tanggal 26 Mei, Arba’in mengaku sudah selesai. Kedua mempelai dijadwalkan melakukan jonggolan atau klarifikasi data sebelum akad nikah. Acara tersebut bisa dilakukan dimana saja, baik di KUA maupun di lokasi pernikahan.

Acara Jonggolan sempat dijadwalkan pada Sabtu kemarin harus di undur karena kesibukan calon mempelai pria. Pihaknya belum dapat memastikan kapan acara tersebut bisa dilaksanakan.

"InsyaAllah diundur hari Rabu. Tapi kita masih menunggu konfirmasi dari utusannya, ada perubahan atau enggak. Kalau enggak ya nanti H-1, kan ada semacam gladi bersih," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Lebih lanjut Arba’in mengemukakan, saat jonggolan, kedua mempelai maupun wali nikah akan hadir. Termasuk Presiden Jokowi yang akan bertindak sebagai wali nikah mempelai perempuan.

"Lokasinya kita masih menunggu konfirmasi. Nanti bisa setelah gladi bersih atau sebelumnya. Untuk pak Jokowi nanti tinggal waktunya, kita fleksibel kok," ungkapnya.

Selain masalah administrasi, lanjut dia, ada hal-hal yang perlu dipastikan saat acara jonggolan.

"Supaya nanti pelaksanaannya lancar dan data-data yang kami tulis dalam buku nikah sudah benar, tidak ada perubahan-perubahan," katanya lagi.

Ia menambahkan, untuk data kedua calon mempelai sudah lengkap. Sehingga kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan tinggal jonggolan atau pemeriksaan data dan gladi bersih. Sesuai arahan dari utusan keluarga, akan dilakukan jonggolan terlebih dahulu sebelum gladi bersih.

Untuk penghulu, pihaknya sudah menyiapkan 2 orang. Penghulu utama dirinya ditambah seorang penghulu cadangan, Amin Yudianto. Arba’in mengaku tidak melakukan persiapan khusus dalam acara tersebut, meskipun yang menikah dari kalangan petinggi negara.

"Biasa saja, enggak (grogi). Kemarin kan juga sudah menikahkan, saksinya pak Jokowi. Yang mas Bagas, keponakannya itu," pungkasnya.

Ijab Kabul Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan Idayati akan dilaksanakan di Graha Saba, Kamis (26/5) pukul 10.00 WIB. Usai Ijab Kabul akan dilanjutkan dengan acara resepsi pernikahan, yang dihadiri sekitar 800 undangan. [fik]

Baca juga:
Ketua MK Anwar Usman Jawab Tudingan 'Pernikahan Politik' dengan Adik Presiden Jokowi
Alasan Ketua MK Anwar Usman Jatuh Hati ke Adik Jokowi
Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi, KUA Solo Siapkan 2 Bahasa untuk Ijab Kabul
Berkas Lengkap, Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK Anwar Usman Siap Digelar
Ketua MK Angkat Bicara Terkait Pernikahan dengan Adik Jokowi
Ketua MK Nikah dengan Adik Jokowi, Mahfud MD: Dibenarkan Agama dan Hukum

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini