Airlangga Ajak Pengusaha Nasional Bantu Pemerintah Mengurangi Kemiskinan

Rabu, 17 Agustus 2022 20:07 Reporter : Merdeka
Airlangga Ajak Pengusaha Nasional Bantu Pemerintah Mengurangi Kemiskinan Airlangga Hartarto. ©2022 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan berbagai upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi membutuhkan peran dan kerja sama dari seluruh stakeholder. Airlangga mengajak masyarakat untuk optimis dan mengoptimalkan peran di sektor masing-masing berkontribusi dalam pemulihan ekonomi yang bisa menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan.

Termasuk juga peran dari para pengusaha di Indonesia, seperti yang tergabung dalam Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas). Terkait hal itu, di depan para Pengurus Pusat Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas), Airlangga menyambut baik ekosistem Japnas.

"Penting untuk terus mengembangkan berbagai macam kelas dan macam industri usaha untuk memajukan perekonomian Indonesia di semua lini secara merata," ujar Menko Airlangga Hartarto saat menerima audiensi para Pengurus Pusat Japnas yang dipimpin oleh Ketua Umum Japnas Bayu Djokosoetono dan Ketua Harian Widiyanto Saputro, seperti dikutip dari Antara, Rabu (17/8).

Dalam kesempatan itu hadir juga jajaran Pengurus Pusat dan Pengawas Japnas Boncau Fakkari Maza, Masbukin, Iben Rifa, Rizky Diansyah, Reza Irsyad Aminy dan KPA Tedjodiningrat Broto Asmoro serta Ketua umum Japnas PW Jawa Timur Supriyadi.

Di depan Menko Airlangga, Bayu Djokosoetono menjelaskan bahwa Japnas sudah ada di 20 provinsi dan berdiri sejak 2015.

"Dalam Japnas, berkumpul berbagai macam dan kelas industri usaha, mulai dari kecil menengah dan besar," beber Bayu sambil menjelaskan juga bahwa Japnas akan mengadakan Munas Pertama pada 25 Agustus 2022 di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.

Bayu juga mengundang Menko Airlangga untuk menjadi keynote speaker dan hadir di acara Munas Japnas yang disambut positif oleh Menko Airlangga. Airlangga juga berharap agar Munas berlangsung sukses.

Diungkapkan Bayu bahwa Japnas terbentuk atas aspirasi dari seluruh pengusaha di Indonesia. Dimana Japnas menjadi salah satu elemen bangsa yang ikut memberikan kontribusi positif terhadap kebangkitan perekonomian bangsa.

"Japnas bersama HIPMI dan HIPPI adalah anggota luar biasa KADIN yang terpilih menjadi perwakilan klaster asosiasi. Dan kami bertiga dipercaya memiliki suara di Munas Kadin di Kendari beberapa waktu yang lalu," imbuhnya.

Ditambahkannya juga, banyak dari Pengurus Wilayah Japnas juga menjadi pengurus KADIN di wilayah masing masing.

Dan Japnas adalah organisasi alternatif transisi yang selama 7 tahun ini memiliki posisi strategis dalam dunia wirausaha di Indonesia. [ded]

Baca juga:
Pemerintah Optimis Kemiskinan Ekstrem 0 Persen di 2024, Ini Caranya
Jokowi Target Angka Kemiskinan Turun Jadi 7,5 Persen di 2023
Ibu Gantung Diri Disaksikan Anak, Ini Rentetan Masalah Ekonomi yang Dihadapinya
Masyarakat Terdampak Pandemi Tak Lagi Dapat BLT di 2023
Fokus Tekan Inflasi Pangan, Bos BI: Berdampak Langsung ke Kesejahteraan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini