Ada Restu Ibunda di Setiap Pertarungan Politik Jokowi

Rabu, 25 Maret 2020 17:54 Reporter : Eko Prasetya
Ada Restu Ibunda di Setiap Pertarungan Politik Jokowi Jokowi dan ibunya. ©instagram.com

Merdeka.com - Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo tutup usia hari ini sekitar pukul 16.45 WIB. Ibunda Presiden Jokowi mengembuskan napas terakhir di RS DKT Solo, Jl Slamet Riyadi nomor 32, Purwosari, Laweyan, dalam usia 77 tahun.

Jokowi memang sangat dekat dengan ibundanya itu. Jokowi selalu meminta restu kepada sang ibu ketika akan berkompetisi di Pilkada ataupun Pilpres.

Pada Pilgub DKI 2012, jelang pertarungan putaran kedua, Jokowi melakukan ritual sungkeman dengan sang ibu, Sujiatmi Notomiatjo. Jokowi meminta doa restu kepada ibundanya sebelum pencoblosan Kamis (20/9/2012).

Jokowi datang bersama keluarga ke kediaman orangtuanya di Jalan Pleret Raya No 9A RT 01 RW 7 Desa Sumber, Banjarsari, Kota Solo. Jokowi masuk melalui pintu garasi samping rumah menuju ke ruang tamu dan langsung sungkem duduk bersimpuh di kaki sang ibu.

Dalam suasana khusuk dan khidmat, Jokowi tertunduk dan sang ibu mengelus-elus punggungnya kemudian ditimpali wejangan-wejangan. Dalam prosesi sungkeman itu yang berjalan singkat itu, sang ibu, Sujiatmi memanjatkan doa orangtua kepada anaknya.

"Tidak ada doa khusus. Hanya doa seorang ibu seperti ibu lainnya untuk sang anak tercinta," tuturnya.

Usai sungkeman, Jokowi menyatakan tidak ada ritual, doa atau upacara khusus menjelang keberangkatannya. Prosesi sungkeman hanya untuk meminta doa restu orangtua sebelum berangkat ke Jakarta.

"Pokoknya tidak ada ritual apa-apa. Hanya tahajud agar tercapai tujuannya," katanya.

Pilpres 2014

Sebelum pelaksanaan coblosan pilpres 2014, capres Joko Widodo (Jokowi) telah lebih dulu menelepon ibunya, Sudjiatmi Notomiharjo (72). Kepada ibunya tersebut Jokowi meminta doa restu agar memenangi pilpres.

"Tadi pagi dia sudah telepon saya, minta didoakan. Saya ya bilang ke Joko, semoga diberikan yang terbaik untuk bangsa ini," ucap Sudjiatmi singkat, usai menggunakan hak pilihnya, di TPS 22 Manahan, Rabu (9/7/2014).

Di DPT TPS 22 Manahan ketiga nama anak Jokowi masih tercantum. Gibran Rakabuming Raka tercatat di DPT dengan nomor urut 11, Kahiyang Ayunomor 12 sedangkan Kaesang Panarep nomor 13. Di TPS tersebut jumlah pemilih tetap sebanyak 324. Sementara ibunda Jokowi, Ny Sudjiatmi tercatat di urutan 203.

1 dari 1 halaman

Pilpres 2019

Joko Widodo telah mendaftarkan dirinya sebagai peserta Pilpres 2019 ke Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia bersama calon wakil presiden, KH Ma'ruf Amin.

Sebelum menuju gedung KPU, Jokowi meminta restu pada ibunda tercinta, Sudjiatmi. Jokowi melakukan sungkem memohon untuk didoakan segala kelancaran.

"Ya tadi. Iya biasa itu apa sudah biasa dari kecil," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Banyak pesan yang disampaikan ibunda saat Jokowi sungkem. Ia tak memperinci pesan-pesan tersebut. Namun yang pasti, kata Jokowi, ibunda merestui langkahnya kembali maju di Pemilihan Presiden periode 2019-2024.

"Iya merestui, mendoakan," ucap dia.

Foto Jokowi saat sungkeman dengan ibunda juga diunggah di akun Instagram miliknya. Dalam foto tersebut, Jokowi tampak dipeluk sang ibu. Raut kesedihan tampak dari wajah sang ibu.

Pada foto tersebut, Jokowi menyampaikan tujuannya bersungkeman.

"Doa restu Ibunda yang selalu memayungi langkah kaki dan memberikan kesejukan hati di sepanjang perjalanan hidup," tulis Jokowi dalam akun instagramnya. [eko]

Baca juga:
Ada Restu Ibunda di Setiap Pertarungan Politik Jokowi
Ibunda Presiden Joko Widodo Tutup Usia
Ibunda Presiden Jokowi Tutup Usia
Cerita Ibunda Jokowi dan Musik Campur Sari
Ibunda Meninggal, Presiden Jokowi Tiba di Solo
Kisah Cinta Sudjiatmi dan Notomiharjo, Orangtua Presiden Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini