Ada 4 Vihara berdiri di Banda Aceh

Jumat, 31 Januari 2014 22:04 Reporter : Afif
Ada 4 Vihara berdiri di Banda Aceh Pernak pernik Imlek di Vihara. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Kota Banda Aceh dijuluki Kota Madani oleh Pemerintah Kota Banda Aceh telah memiliki 4 Vihara. Keempat Vihara itu berdiri kokoh di seputaran Peunayong yang merupakan pusat etnis China bermukim di Banda Aceh.

Pada hari Imlek 2565 ini semua Vihara yang ada di Banda Aceh melakukan ritual ibadah dan juga melakukan perayaan. Baik itu membakar dupa maupun ritual lainnya.

Ketua Vihara Sakyamuni, Eddy Aminata yang baru saja diresmikan tahun lalu mengatakan, di Banda Aceh ada 4 Vihara yang sudah berdiri. Di antara Vihara Dharma Bhakti, Vihara Maitri, Vihara Dwi Samudera dan Vihara Sakyamuni yang ia pimpin saat ini.

"Ada empat Vihara, itu beda-beda aliran, kalau kami itu aliran Mahayana," tegas Eddy Aminata, Jumat (31/1).

Kendati demikian, meskipun berbeda-beda aliran semua umat Buddhist bernaung di bawah payung Buddhayana. Semuanya telah menjadi lembaga resmi pemerintah Indonesia.

Pantauan merdeka.com, memang ada sedikit perbedaan perayaan yang dilakukan di Vihara Sakyamuni. Di Vihara ini tidak ada bakar lilin yang banyak dan juga dupa. Akan tetapi beda hal dilakukan di tiga Vihara lainnya membakar lilin dan juga dupa sambil beribadah.

"Inilah perbedaan kita, itu semua adat, bukan ritual agama, jadi kita lebih fokus beribadat, bersyukur pada sang pencipta," ungkap Eddy.

Harapan Eddy pada tahun kuda ini akan ada perubahan secara cepat di Aceh. Baik itu perubahan secara politik, ekonomi dan juga pembangunan ke arah yang lebih baik. "Tahun kuda ini, kita berharap perekonomian juga harus terpacu lebih cepat seperti kuda berlari kencang," tutupnya. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Imlek 2014
  2. Tahun Baru Imlek
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini