8.961 Jemaah Haji Asal Jateng dan Yogyakarta Tiba di Debarkasi Solo

Senin, 26 Agustus 2019 23:04 Reporter : Arie Sunaryo
8.961 Jemaah Haji Asal Jateng dan Yogyakarta Tiba di Debarkasi Solo Kloter 1 Jemaah Haji Asal Sukoharjo Tiba di Debarkasi Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kedatangan jemaah haji gelombang pertama hingga Senin (26/8), masih terus berlangsung. Sebanyak 8.961 jemaah asal Jawa Tengah dan Yogyakarta tiba di Tanah Air melalui Debarkasi Solo. Mereka tergabung dalam 25 kelompok penerbangan (kloter).

"Hari ini ada 5 kloter yang tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. Jumlah total yang sudah tiba di Solo, ada 8.961 jemaah," ujar Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Agus Widagdo.

Berdasarkan data PPIH Embarkasi Solo, kelima kloter yang datang hari ini adalah kloter 21 asal Kota Yogyakarta dan Kabupaten Banjarnegara, kloter 22 asal Kabupaten Gunung Kidul, kloter 23 asal Bantul dan Kudus, kloter 24 asal Bantul. Sedangkan kloter 25 merupakan gabungan jemaah dari Kabupaten Sleman dan Bantul Yogyakarta.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, hingga saat ini total petugas dan jemaah haji yang mengalami sakit sebanyak sembilan orang. Delapan orang dirawat di RSUD dr Moewardi Solo dan satu orang menjalani observasi di Poliklinik Asrama Haji Donohudan. Sedangkan jemaah haji masih berada di Arab Saudi karena sakit sebanyak tujuh orang.

"Untuk jemaah yang meninggal total ada 45 orang. Satu orang meninggal di Tanah Air, satu orang di pesawat dan jemaah haji yang wafat di Tanah Suci sebanyak 43 orang," jelasnya.

Untuk kedatangan jemaah selanjutnya adalah jemaah haji asal kloter 26 dan 27 asal Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Mereka dijadwalkan tiba Selasa 26 Agustus 2019 malam. Kloter 26 dijadwalkan tiba pukul 20.25 WIB, dan kloter 27 tiba pukul 23.05 WIB. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2019
  2. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini