5 Kisah menarik Haji Agus Salim tak pernah sekolahkan anaknya

Selasa, 8 April 2014 07:39 Reporter : T. Widyatmoko
5 Kisah menarik Haji Agus Salim tak pernah sekolahkan anaknya Haji Agus Salim. ©2014 Merdeka.com/repro buku Seratus Tahun Haji Agus Salim

Merdeka.com - Haji Agus Salim dikenal sebagai sosok yang sangat mengharapkan tumbuhnya sikap kebebasan di kalangan pemuda terpelajar. Di samping itu, dia juga dikenal cenderung kepada ide kesatuan atau non dikotomi dalam segala hal yang berkaitan dengan hidup dan kehidupan manusia.

Oleh karena itu sebagai tindakan protesnya terhadap sistem pendidikan kolonial Belanda, Haji Agus Salim dalam mendidik anak-anaknya tidaklah dimasukkan ke sekolah yang sejenis dan semacamnya. Akan tetapi Haji Agus Salim bersama istrinya berusaha sendiri menyelenggarakan pendidikan anak-anaknya di rumah.

Haji Agus Salim dikenal memiliki 10 putra dan putri, dua di antaranya meninggal saat masih kecil yaitu Abdul Hadi anak ketujuh dan Zuhra anak kesembilan. Kedelapan anak lainnya berurutan adalah Theodora Atia (Dolly), Jusuf Tewfik Salim (Totok), Violet Hanifah (Jojet), Maria Zenobia (Adek), Ahmad Sjewket Salim (gugur dalam pertempuran di Lengkong, Islam Salim, Siti Asiah, dan Mansur Abdur Rachman Ciddiq selaku bungsu. Dengan menjadi pendidik bagi anak-anaknya, Haji Agus Salim dikenal sebagai pelopor homeschooling di Indonesia. Berikut kisah-kisah menarik Haji Agus Salim dalam mendidikan anak-anaknya di rumah dirangkum merdeka.com, dari cerita Kustiniyati Mochtar dalam buku Seratus Tahun Haji Agus Salim dan M Roem, dari buku Bunga Rampai Sejarah:

Topik berita Terkait:
  1. Haji Agus Salim
  2. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini