5 Kelompok orang berpuasa berdasarkan niat dan tujuan

Jumat, 9 Juni 2017 20:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
5 Kelompok orang berpuasa berdasarkan niat dan tujuan Buka puasa di Masjid Istiqlal. ©2017 merdeka.com/iqbal s nugroho

Merdeka.com - Ramadan ialah bulan yang suci dan penuh rahmat. Seluruh umat muslim mengharapkan keberkahan di bulan yang hanya hadir setahun sekali ini.

Oleh karena itu, setiap orang Islam tak hanya melaksanakan puasa tapi juga melakukan ibadah dan perbuatan baik lainnya. Namun menurut buku Rahasia Puasa Ramadhan tulisan Yasin T Al Jibouri dan Mirza Javad Agha Maliki Tabrizi ada lima kategori orang yang berpuasa berdasarkan tujuan dan niatnya, antara lain;

1. Kelompok orang yang melaksanakan puasa tanpa memiliki tujuan dan niat khusus, dan karenanya amal mereka menjadi terhapuskan. Sebagai contoh, sebagian orang melaksanakan puasa hanya karena puasa merupakan kebiasaan yang berlaku di kalangan umat muslim.

2. Kelompok orang yang melaksanakan puasa agar selamat dari sanksi sosial, juga agar tetap tidak tercabut dari keuntungan-keuntungan material yang diperoleh melalui interaksi sosial; agar tetap terselamatkan dari hukuman-hukuman neraka, juga agar tidak tercabut dari nikmat-nikmat surga.

3. Kelompok orang yang melaksanakan puasa hanya demi terselamatkan dari hukuman neraka, atau agar dapat merasakan nikmat-nikmat surga atau karena kedua-duanya.

4. Kelompok orang yang melaksanakan puasa agar terselamatkan dari hukuman neraka, juga agar dapat merasakan nikmat-nikmat surga. Namun di samping itu, juga untuk meraih ridha Allah dan kedekatan dengan Nya.

5. Kelompok orang yang melaksanakan puasa dengan tidak memiliki niat dan tujuan apa pun selain untuk meraih ridha Allah dan kedekatan denganNya. Mereka melaksanakan puasa hanya agar menjadi semakin dekat dengan Allah. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Lentera Ramadan
  2. Jakarta
  3. Ramadan 2017
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini