5 Hari ke Prancis, Gibran Promosikan UMKM di Paris

Selasa, 24 Mei 2022 01:03 Reporter : Arie Sunaryo
5 Hari ke Prancis, Gibran Promosikan UMKM di Paris Refleksi 1 Tahun Memimpin di Solo, Gibran: Masih Banyak PR. ©2022 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Pemkot Solo akan memamerkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke Paris, Prancis. Pameran direncanakan berlangsung di gedung Le BHV Marais pada tanggal 8 Juni-15 Juli 2022.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, pihaknya menggandeng perusahaan Shopee. Putra sulung Presiden Jokowi juga dijadwalkan turut serta berangkat ke ibu kota Prancis itu.

"Ini untuk mempromosikan budaya kita, mempromosikan produk-produk UMKM kita. Terutama produk-produk unggulan yang sudah punya standar internasional. Brand brand lokal kita, salah satunya ya batik," ujar Gibran saat konferensi pers di rumah dinas Loji Gandrung, Senin (23/5).

Menurut dia, sejumlah produk yang ditampilkan selain batik adalah produk kesenian, perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan dan produk yang bersifat kreatif lokal. Kemudian kesenian dan kebudayaan Kota Solo juga ditampilkan.

"Kita nanti menggandeng sejumlah seniman. Ada penari Eko Supriyanto alias Eko Pece dan penyanyi Anggun C Sasmi," katanya.

2 dari 2 halaman

Gibran akan berada di Paris selama 5 hari. Selain mengikuti pameran, ia juga dijadwalkan bertemu dengan beberapa pihak untuk membahas kerja sama di berbagai sektor.

"Saya rencana berangkat tanggal 5 Juni, 5 hari di sana. Nanti ada banyak meeting, ketemu UNESCO, Wali Kota Paris, pokoknya agendanya penuh," katanya.

"Harapan kita pameran ini dapat meningkatkan penjualan produk UMKM lokal ke negara lain. Semoga ada peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Solo," katanya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, mengemukakan pameran tersebut sebagai kelanjutan dari pembukaan Kampus UMKM Ekspor Shopee di Kota Bengawan tahun lalu. Menurutnya, di Solo banyak produk lokal yang layak untuk go internasional.

Menurut dia, target 10.000 eksportir dari Solo sudah tercapai dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Ia berharap kegiatan ini bisa membawa UMKM lokal ke kancah dunia yang lebih baik.

"Kegiatan ini tidak hanya sekadar memamerkan produk. Kami sudah melakukan kurasi produk-produk yang kental dengan budaya Jawa yang dapat menceritakan tentang Kota Solo. Harapan kita acara ini bisa mengenalkan budaya Solo, budaya Indonesia ke Kota Paris," pungkasnya. [eko]

Baca juga:
Gibran Bakal Evaluasi CFD Solo akibat Sampah Berserakan dan Taman Rusak
Walkot Gibran Ditanya Oleh-Oleh dari Jakarta: Aku Malah Tambah Mumet
Ini 10 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo ala Walkot Gibran
Fakta-Fakta Mobil Mewah Alphard Hadiah Gibran untuk Anaknya
Viral Alphard AD 373 S, Walkot Gibran: Mobil Lama Itu, Sebelum Pencalonan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini