4 Desa di Sijunjung terendam banjir

Jumat, 6 Juli 2018 22:35 Reporter : ER Chania
4 Desa di Sijunjung terendam banjir Banjir di Sijunjung. ©2018 Merdeka.com/ER Chania

Merdeka.com - Hujan deras yang melanda Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat membuat empat desa setidaknya dilanda banjir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung Herdiwan saat dihubungi merdeka.com pada Jumat (6/7) bahwa hujan merendam setidaknya 27 rumah dari empat desa.

"Hujan akibat luapan sungai yang berada di Kenaharian Langki, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat," ucap Herdiwan.

Warga setempat, kata dia, sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Sudah, sudah kita evakuasi. Listrik juga padam di sini. Sementara kita pakai genset dari BPBD Kabupaten Sijunjung," tuturnya.

Pihaknya masih belum menghitung dampak kerugian dan jumlah korban jiwa.

"Kita masih melakukan pendataan terkait kerugian yang ditimbulkan, untuk korban jiwa sampai sekarang masih nihil," ujarnya.

Kerugian Akibat Banjir Sentuh Rp 1 Miliar

Hujan deras yang melanda Kenagarian Langki, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat menghancurkan hampir ratusan rumah dan ikut merendam setidaknya 30 hektar sawah.

Informasi yang berhasil dihimpun merdeka.com, dari empat desa terdampak banjir, Jorong Muaro Linggo menjadi daerah terdampak paling parah.

Kerusakan pada bangunan terdiri sebanyak 27 rumah di mana 15 rumah rusak berat dan 12 rumah rusak ringan, padi di dalam karung hanyut sebanyak tiga ribu gantang, ternak kambing sebanyak 25 ekor hanyut, sejumlah alat elektronik rusak, tiga los pasar hanyut, satu jembatan rusak ringan dan merusak bangunan salah satu masjid yang ada di desa tersebut.

Menyusul kemudian Jorong Liambang di mana 14 rumah mengalami kerusakan, tiga badan jalan rusak dan satu jembatan rusak serta merusak puluhan benda elektronik

"Untuk Jorong Koto Langki, tanaman padi masyarakat siap panen sebanyak 30 hektar rusak berat. Dari kejadian tersebut diperkirakan kerugian material sebesar Rp. 500 juta," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung Hardiwan saat dihubungi merdeka.com, Jumat (6/7) malam.

Untuk bantuan sebut Kalaksa, pihaknya akan menyalurkan pada Sabtu (7/7) esok.

"Mengingat disana gelap gulita karena listrik padam dan susahnya berkomunikasi serta akses medan yang berat, maka kita putuskan (besok) menyalurkan bantuan," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang melanda Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat membuat empat desa setidaknya dilanda banjir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung Herdiwan saat dihubungi merdeka.com pada Jumat (6/7) bahwa hujan merendam setidaknya 27 rumah dari empat desa.

"Hujan akibat luapan sungai yang berada di Kenaharian Langki, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat," ucap Herdiwan melalui sambungan telepon genggam.

Warga setempat sebutnya sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Sudah, sudah kita evakuasi. Listrik juga padam disini. Sementara kita pakai genset dari BPBD Kabupaten Sijunjung," tuturnya. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini