4 Cerita ketatnya Nusakambangan, tempat teroris dari Mako Brimob dipenjara

Senin, 14 Mei 2018 05:40 Reporter : Desi Aditia Ningrum
4 Cerita ketatnya Nusakambangan, tempat teroris dari Mako Brimob dipenjara Lapas Nusakambangan. ©2014 merdeka.com/chandra iswinarno

Merdeka.com - Lapas Nusakambangan merupakan penjara yang dikhususkan untuk narapidana dengan kejahatan berat. Di mana isinya adalah teroris, pembunuhan berencana gembong narkoba hingga korupsi.

Oleh sebab itu, karena penghuninya orang-orang sangat berbahaya, Nusakambangan dikenal sebagai lapas paling ketat yang ditakuti para napi. Berikut ketatnya LP Nusakambangan;

1 dari 4 halaman

Sel perorangan

Lapas Nusakambangan. ©2014 merdeka.com/chandra iswinarno

Di lapas Nusakambangan, para napi ditempatkan di ruangan isolasi. Satu napi menempati satu ruangan sendiri. Hal ini untuk menghindari komunikasi satu dengan lainnya.

Meski begitu, mereka tetap diperlakukan manusiawi. Napi tersebut akan berada di dalam lapas selama 24 jam per hari dan selalu dipantau menggunakan Cloced-Circuit Television (CCTV).

2 dari 4 halaman

Pakai detektor canggih atau X-Ray

Lapas Nusakambangan. ©2014 merdeka.com/chandra iswinarno

Lapas Nusakambangan dilengkapi dengan detektor canggih atau X-Ray. X-Ray mampu mendeteksi benda yang amat kecil. Detektor ditempatkan di berbagai titik, mulai pintu utama hingga ruangan-ruangan khusus yang hanya boleh diakses oleh petugas.

Saat masuk ke dalam semua barang harus melalui X-ray barang dan X-ray badan yang sangat peka. Bahkan apa pun yang dibawa saat masuk ke dalam lapas tersebut dapat diketahui.

3 dari 4 halaman

Napi hanya boleh dijenguk keluarga inti

Lapas Nusakambangan. ©2014 merdeka.com/chandra iswinarno

Napi di lapas Nusakambangan, hanya akan keluar ke ruangan ketika menerima tamu. Namun tapi yang diperkenankan hanya keluarga inti, pendamping rohani untuk konseling atau pengacara. Mereka tak diperkenankan menerima tamu di luar itu.

Saat bertemu pun tidak berhadapan dengan tamu, karena dibatasi alat kaca. Namun tetap bisa bertatapan muka dengan kaca fiber melalui iPhone, dan iPhone itu direkam. Sehingga setiap pembicaraan bisa diketahui.

4 dari 4 halaman

Terdapat pengacak sinyal

Lapas Nusakambangan. ©2014 merdeka.com/chandra iswinarno

Mengantisipasi bobolnya komunikasi dengan telepon seluler, Lapas Nusakambangan dilengkapi dengan berbagai teknologi untuk pengacak sinyal (jammer). Sejumlah jammer atau pengacak sinyal berteknologi tinggi dipasang di kawasan berpengamanan super.

Selain itu lapas tersebut dijaga oleh petugas pilihan atau paling terbaik. Seleksi petugas Nusakambangan juga dilakukan secara ketat. [has]

Baca juga:
Ada ledakan bom di Surabaya, penjagaan di Mako Brimob dan Gereja Gideon diperketat
Jenazah teroris Abu Ibrahim ditolak di Pariaman, dimakamkan di Riau
Pascakerusuhan Mako Brimob, Polda Metro minta warga laporkan hal mencurigakan
Polisi amankan 2 perempuan mencurigakan di depan Mako Brimob
Istri narapidana terorisme Benny Syamsu baru melahirkan anak ketiga
Sri Mulyani tunggu usulan anggaran perbaikan Mako Brimob

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini