4 Strategi perang ala ahli militer China kuno Sun-Tzu

Jumat, 26 April 2013 08:01 Reporter : Mardani
sun tzu. ©en.academic.ru

Merdeka.com - Perang tak pernah bisa dipisahkan dari peradaban hidup manusia. Suka tidak suka, mau tidak mau, perang seakan menjadi sisi lain dari kehidupan manusia sejak dulu kala hingga abad modern ini.

Satu hal yang pasti, setiap peperangan di segala zaman menghasilkan sebuah sejarah dari para pelakunya. Salah satunya adalah ahli strategi perang zaman China kuno bernama Sun-Tzu.

Di dunia militer, nama Sun-Tzu tidaklah asing di telinga. Dalam buku 'Sun-Tzu The Art of Warefare' terjemahan Roger Ames, Penerbit Lucky Publishers, Sun-Tzu dilahirkan di negara bagian Chi (saat ini provinsi Shantung, China) sekitar 551 SM dan wafat pada 479 SM.

Sun-Tzu yang lahir saat negara bagian di China saling berperang itu dikenal sebagai seorang ahli strategi perang yang sangat lihai. Bahkan strategi perang ala Sun-Tzu yang dibukukan dalam 13 Bab Seni Perang Sun-Tzu itu hingga kini masih menjadi salah satu bacaan wajib bagi perwira militer di dunia.

Segudang strategi perang dan militer yang dimiliki Sun-Tzu. Dari sekian banyak strategi yang dimilikinya itu, berikut empat cara untuk memenangkan perang ala Sun-Tzu.

Topik berita Terkait:
  1. Pasukan Elite
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.