2 Anggota Kodim Tanjung Redeb Sergap Pria Mencurigakan, 7 Kg Sabu Disita

Kamis, 24 Januari 2019 12:13 Reporter : Saud Rosadi
2 Anggota Kodim Tanjung Redeb Sergap Pria Mencurigakan, 7 Kg Sabu Disita Pelaku pengedar sabu 7 kg. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - M (21), warga Tarakan, Kalimantan Utara, dibekuk 2 personel TNI AD dari Kodim 0902/Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Rabu (23/1) sore kemarin. Dalam tasnya, petugas menyita 7,09 kg sabu. M kini meringkuk di penjara Polres Berau.

Keterangan diperoleh, penangkapan M dilakukan sekira pukul 15.30 Wita, di pinggir jalan poros Sambaliung, Berau. Sebelumnya, warga menaruh curiga, setelah melihat M, mondar mandir seperti sedang gelisah.

"Warga itu kemudian melapor kepada 2 anggota Kodim. Jadi, 2 anggota saya ke lokasi, untuk memastikan benar tidaknya informasi itu," kata Dandim 0902/Tanjung Redeb, Letkol Kavaleri Ilham Faisal Siregar, dalam penjelasan dia di markas Kodim 0902/Tanjung Redeb, Kamis (24/1).

Ilham menerangkan, kecurigaan terhadap pria yang terlihat mondar mandir di pinggir jalan Sambaliung itu, berbuah hasil. "Setelah gerak geriknya diamati, kemudian anggota mendekati pria itu. Karena coba kabur, maka anggota melakukan penangkapan," ujar Faisal.

"Anggota kemudian penggeledahan isi tasnya, dan menemukan bungkusan. Begitu ditanya, pria itu mengaku tas itu berisi adalah sabu dengan berat sekitar 7 kilogram," tambah Faisal.

Tidak menunggu lama lagi, pria berinisial M itu, lantas dibawa ke Koramil Sambaliung. "Saya koordinasi dengan Polres Berau. Pelaku dengan barang bukti sabu, diserahterimakan ke Polres Berau untuk proses hukum lebih lanjut," terang Faisal.

M diduga kurir, dan membawa sabu itu dari Tarakan. "Dari Tarakan naik speedboat ke Tanjung Selor, dan pakai travel tujuan ke Samarinda. Tapi, mobil travel hanya berhenti di Berau. Dia (M) ini di Berau, nunggu kendaraan selanjutnya," ungkap Faisal.

"Karena (7,09 kg sabu) itu mau dibawa ke Samarinda, tentu kita harus dalami tujuannya di Samarinda. Termasuk, asal barang itu," kata Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono menambahkan.

Sementara, Ketua Badan Narkotika Berau (BNK) Berau Agus Tantomo menegaskan, BNK berencana mengganjar 2 personel Kodim dengan hadiah. "Baik piagam maupun uang, kepada kedua personel Kodim yang melakukan penangkapan itu," kata Agus, yang juga Wakil Bupati Berau itu. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Narkoba
  2. Samarinda
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini