1.748 Narapidana di Tangerang Dapat Kado 17 Agustus Berupa Remisi

Rabu, 17 Agustus 2022 23:04 Reporter : Kirom
1.748 Narapidana di Tangerang Dapat Kado 17 Agustus Berupa Remisi ilustrasi penjara india. ©Oddity Central

Merdeka.com - 1.748 narapidana dengan berbagai kasus pidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tangerang, memperoleh pengurangan masa tahanan atau remisi umum (RU) yang diberikan kepada narapidana yang telah menjalankan masa tahanan minimal 6 bulan penjara.

Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kadek Anton Budiharta, menegaskan bahwa pemberian remisi tersebut merupakan kado kemerdekaan RI ke-77 yang diberikan kepada 1.748 narapidana.

"Besarannya sendiri bervariasi, mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan. Dari seluruh narapidana yang menerima Remisi Umum 17 Agustus, ada 10 narapidana yang langsung pulang atau yang disebut dengan RU II," kata Kadek, Rabu (17/8).

Dia menerangkan, bahwa remisi tersebut diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana.

"Semoga para narapidana bisa mengambil momentum ini supaya bisa menjadi lebih baik lagi," terang Kadek.

Remisi diberikan kepada narapidana yang memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Antara lain telah menjalani pidana minimal enam bulan dan tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana).

"Serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas. Remisi Umum sendiri adalah pengurangan masa pidana yang diberikan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus," ucap dia.

Dia menjelaskan, remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana sebagaimana diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. PP Nomor 99 Tahun 2012, Keputusan Presiden Nomit 174/1999, serta Peraturan Menteri Nomor 7 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Permenkumham Nomor 3 tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Sebelum pengumuman remisi, seluruh tahanan Lapas Kelas II A Tangerang, terlebih dahulu mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI ke -77 yang digelar di area Lapas. [cob]

Baca juga:
Puluhan Narapidana di Bali Hirup Udara Bebas saat 17 Agustus
Hari Anak Nasional, 57 Anak di LPKA Jateng Terima Remisi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini