17 Tahun berhenti, kereta api pupuk di Cilacap kembali diaktifkan

Senin, 12 Oktober 2015 18:45 Reporter : Chandra Iswinarno
17 Tahun berhenti, kereta api pupuk di Cilacap kembali diaktifkan Kereta Barang. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Untuk mengurangi waktu tempuh dan mengatasi kepadatan di jalan raya, PT kereta api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto mengaktifkan kembali angkutan pupuk Pusri menggunakan kereta api. Peluncuran tersebut ditandai dengan pemberangkatan kereta api pengangkut pupuk dengan rute Cilacap-Prupuk, Senin (12/10).

Dalam peluncuran tersebut, satu rangkaian kereta pengangkut membawa 18 gerbong tertutup bermuatan pupuk urea dan ZA dengan volume total 540 ton. Peluncuran kereta api pengangkut pupuk yang ditarik lokomotif CC 2061359 diberangkatkan sekitar pukul 01.00 WIB dari Cilacap, dan tiba di Prupuk pukul 06.30 WIB.

Kedatangan pengiriman kereta pengangkut pupuk perdana di Gudang Pusri, Prupuk, disambut Vice President PT KAI Daop 5, Safrudiansyah serta Kepala Pemasaran PT Pusri wilayah Jawa Tengah, Sutisna.

Dalam kesempatan tesebut, Safrudiansyah mengatakan peluncuran perdana ini menandakan PT KAI siap mengaktifkan kembali angkutan pupuk dengan KA ke tujuan yang lain, baik ke wilayah Jateng, Jabar maupun Jatim.

"Saat ini, prasarana angkutan pupuk dengan KA sudah tersedia di beberapa titik, tinggal sedikit sentuhan saja, langsung bisa jalan," kata Safrudiansyah dalam pesan tertulis kepada merdeka.com, Senin (12/10).

Lebih jauh, dia menjelaskan angkutan pupuk dengan KA akan sangat membantu mengatasi kepadatan jalan raya. "Bayangkan satu rangkaian KA dengan 18 gerbong sama dengan muatan untuk 27 truk gandeng," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pemasaran PT Pusri Wilayah Jateng, Sutisna menyambut baik rencana ini karena bisa menyingkat waktu pengiriman. "Efektifitas, kepastian dan waktu pengiriman yang lebih singkat adalah satu hal yang hanya kami dapatkan melalui angkutan KA," jelasnya.

Angkutan pupuk Pusri menggunakan kereta api dari Cilacap ke Prupuk, berhenti beroperasi sejak tahun 1998. Saat itu, jalur kereta api pengangkut pupuk Pusri berjalan dari pelabuhan Cilacap menuju Purwokerto Timur, Banjarnegara, Prupuk, Gombong, Maguwo, Ceper, Palur dan Masaran.

Dengan pengaktifan kembali angkutan pupuk Pusri menggunakan kereta api ke tujuan Prupuk, menjadikannya tujuan keempat setelah tujuan Gombong, Maguwo dan Ceper. Untuk tujuan yang lain, seperti Palur dan Masaran, menurut rencana juga akan menyusul untuk diaktifkan kembali. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. PT KAI
  2. Pupuk
  3. Cilacap
  4. Kereta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini