17 Ribu polisi amankan May Day di Jakarta

Minggu, 30 April 2017 23:33 Reporter : Juven Martua Sitompul
17 Ribu polisi amankan May Day di Jakarta Hari Buruh 2015. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - 17 Ribu personel dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya bakal dikerahkan mengawal aksi hari buruh pada Senin (1/5) besok. Puluh ribuan personel itu sengaja dikerahkan Polri sebagai bentuk pelayanan terhadap warga negara, khususnya para buruh.

"Konteksnya Polri melayani untuk berlangsungnya kegiatan supaya aman," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung Joang 45, Jakarta, Minggu (30/4).

Dikatakan Setyo total personel itu akan ditugaskan di beberapa sektor. Dari mulai pengalihan arus lalu lintas sampai kepada pengamanan jalan di sekitar lokasi aksi.

"Ada yang di pengaturan lalu lintas, ada di pengalihan arus, ada di sekitar Istana, dan di dekat DPR," ujar dia.

"Kegiatan aksi dekat Istana, tapi nanti kita lokalisir di sekitar Patung Kuda, DPR, dan kita koordinasikan dengan Pamdal DPR," timpal Setyo.

Diakui Setyo, informasi terakhir yang diperoleh Polri akan ada 30 sampai 40 ribu massa yang ikut dalam aksi peringatan hari buruh sedunia tersebut. Puluhan ribu buruh itu berasal dari sejumlah daerah tanah air.

"Moga-moga tidak terlalu banyak sehingga nggak terlalu mengganggu masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Suyudi Ario Seto mengatakan bila pihak kepolisian akan tetap siaga di sejumlah lokasi sekalipun dalam kondisi libur. Dia mengatakan pengamanan akan dimulai dari rute Jalan Sudirman sampai ke Istana Negara.

"Kita tetap lakukan pengamanan di objek-objek tersebut dan pengamanan rute di sekitar Jalan Sudirman, Patung Kuda, Bundaran HI, Disnaker, Gatsu, termasuk Istana Presiden," pungkas Suyudi. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Hari Buruh Nasional
  2. May Day
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini