12 Hektar Lahan Kebun Warga Terbakar di Nagan Raya

Sabtu, 9 Maret 2019 14:49 Reporter : Afif
12 Hektar Lahan Kebun Warga Terbakar di Nagan Raya Kebakaran hutan. ©Reuters/NASA

Merdeka.com - Kebakaran lahan kebun warga kembali terjadi seluas 12,2 hektare di Gampong Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya. Hingga sekarang petugas pemadam kebakaran, Polri dan TNI masih berjibaku menjinakkan si jago merah.

Pertama kali ditemukan titik api Jumat (8/3) sekira pukul 11.00 WIB. Setelah itu petugas gabungan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pemadaman dan pencegahan agar kebakaran tidak meluas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek mengatakan, hingga Sabtu (9/3) siang, api belum berhasil dipadamkan. Petugas masih bekerja untuk memadamkan api dan mencegah meluas kebakaran lahan.

"Saat ini api belum berhasil dipadamkan. Kabakaran sudah lebih kurang 12,2 hektar sampai saat ini," kata T Ahmad Dadek, di Banda Aceh, Sabtu (9/3).

Dia menyebut untuk mencegah api meluas petugas di lokasi berusaha untuk melokalisir dengan cara menerjunkan eskavator. Alat berat ini diturunkan untuk mencegah api merembes ke lahan lainnya.

"Areal kebakaran sedang dilakukan lokalisir dengan menggunakan eskavator," tukasnya.

Sekarang pemerintah Nagan Raya sudah menurunkan 1 unit armada mobil pemadam kebakaran ke lokasi, dua unit mesin pompa air dan satu eskavator kecil. Kendala di lokasi, sebutnya, petugas mengalami kesulitan mendapatkan air yang terdekat.

"Selain itu akses ke titik api sangat susah," jelasnya.

Penyebab kebakaran hingga sekarang belum diketahui secara pasti. Namun dugaan sementara kebakaran lahan itu diduga sengaja dibakar oleh beberapa oknum warga untuk pembersihan saat membuka lahan baru.

Kabakaran lahan pada waktu bersamaan juga terjadi di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat. Kebakaran dilaporkan terjadi Jumat (8/3) malam.

Luas lahan gambut yang terbakar di Kecamatan Lambalek belum bisa dihitung, karena akses ke lokasi sangat susah. Namun petugas gabungan di Aceh Barat masih berupaya untuk menembus ke lokasi.

"Untuk di Aceh Barat belum terhitung kisaran luasnya, dikarenakan akses ke lokasi sangat susah. BPBD Aceh Barat masih berupaya untuk sampai ke lokasi," ujar dia. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Kebakaran Hutan
  3. Banda Aceh
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini