1 Periode dilantik 4 kali, pejabat ini diusulkan masuk MURI

Selasa, 28 Mei 2013 10:24 Reporter : Muhammad Hasits
1 Periode dilantik 4 kali, pejabat ini diusulkan masuk MURI ilustrasi. ©rumgapres/abror rizki

Merdeka.com - Tidak semua pejabat merasakan pernah dilantik sebanyak empat kali dalam satu periode. Nah, pejabat di Kabupaten Bone Bolango ini pernah dilantik empat kali.

Adalah Hamim Pou merasakan dilantik sebanyak empat kali. Karena sering dilantik, Ketua DPRD Kabupaten Bone Bolango Rusliyanto Monoarfa mengusulkan bupati Bone Bolango itu masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Hal itu disampaikannya usai memimpin rapat paripurna pelantikan ulang Bupati Bone Bolango Hamim Pou, oleh Gubernur Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie, Selasa (28/5).

Seperti diketahui, pada 18 September 2010, Hamim Pou dilantik sebagai Wakil Bupati mendamping Bupati Bone Bolango terpilih Abdul Haris Nadjamudin. Tidak lama kemudian, Hamim Pou ditunjuk dan dilantik sebagai Pelaksana tugas (Plt) Bupati sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 132.75-679 tahun 2010.

Selanjutnya, Hamim dilantik oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, sebagai Bupati definitif Kabupaten Bone Bolango 10 Mei 2013. Namun pelantikan tersebut dianulir oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena dianggap menyalahi Pasal 111 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Untuk menindak lanjuti pembatalan pelantikan tersebut, Senin (27/5) Hamim kembali dilantik Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, sebagai Bupati definitif Bone Bolango untuk sisa masa jabatan periode 2010-2015.

Pelantikan itu sesuai dengan SK Mendagri nomor 131.75-2898 tahun 2013, tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Bone Bolango menjadi Bupati Bone Bolango Provinsi Gorontalo. "Bupati Bone Bolango mungkin adalah satu satunya kepala daerah yang dilantik empat kali, dan ini merupakan rekor, mungkin MURI bisa mempertimbangkan hal ini," kata Rusliyanto seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango yang baru saja dilantik ulang, Hamim Pou, mengatakan, dirinya telah menyerahkan semuanya kepada aturan atau mekanisme yang berlaku, terkait dengan pelantikan dirinya.

Baca juga:
Ahok hadiri acara 1.000 anak TK merakit robot
Lenggak-lenggok di catwalk, 200 domba Garut sabet rekor Muri
Nelayan Sumut pecahkan rekor Muri tarik jaring terpanjang
Kumpul di 9 kota, komunitas mobil putih catat rekor MURI [has]

Topik berita Terkait:
  1. Rekor MURI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini