Ketahui pengetahuan dasar tentang ilmu kimia dan reaksinya, yuk!

Jumat, 27 Mei 2016 18:00 Reporter : Dewi Ratna
Ketahui pengetahuan dasar tentang ilmu kimia dan reaksinya, yuk! Reaksi Kimia. © Shutterstock

Merdeka.com - Apa sih ilmu kimia itu?

Intinya ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi yang lain dan energi yang menyertai perubahan materi. So, seluruh materi di langit dan di bumi, seperti udara, batu, zat cair, dan apapun itu, adalah zat kimia. Alam semesta berproses melalui reaksi kimia.

Terjadinya reaksi kimia di Bumi

Apakah kamu harus melakukan percobaan kimia dulu untuk melihat produk dari reaksi kimia? Ternyata nggak. Reaksi kimia terjadi di sekitarmu setiap saat, di atmosfir, pada pabrik kimia, dalam mesin kendaraan, di lingkungan dan yang terdekat di tubuh manusia. Bahan-bahan kimia dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh yang paling sering terlihat adalah memasak dengan menggunakan garam dapur (NaCl), mencuci menggunakan detergen, dan saat kita makan, kita memakan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.

'Kolaborasi' dengan ilmu kimia

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam (sains), ilmu kimia berkaitan dengan ilmu-ilmu yang lainnya seperti matematika, biologi, fisika, kedokteran dan bahkan geografi fisik. Perubahan (reaksi-reaksi) yang terjadi pada tubuh makhluk hidup, misalnya bagaimana proses pembentukan glukosa pada peristiwa fotosintesis tumbuhan hijau, merupakan bagian ilmu kimia yang berkaitan dengan biologi.

Bagaimana suatu logam dapat mencair, atau bagaimana suatu bahan dapat menyalurkan listrik sedangkan bahan lainnya nggak, adalah bagian ilmu kimia yang berkaitan dengan fisika. Bagaimana struktur DNA virus penyebab flu burung dapat dijelaskan dan pengaruh obat-obatan terhadap tubuh manusia merupakan bagian ilmu kimia yang berkaitan dengan bidang kedokteran.

Nah, itulah beberapa pengetahuan dasar tentang apa itu ilmu kimia dan reaksi yang terjadi secara kimiawi.

[iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini