3 Kelas tumbuhan lumut (Bryophyta) yang seru untuk dipelajari

Kamis, 14 April 2016 12:00 Reporter : Dewi Ratna
3 Kelas tumbuhan lumut (Bryophyta) yang seru untuk dipelajari Ilustrasi tebing, salah satu habitat lumut. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Meneliti tumbuhan adalah kegiatan yang luar biasa menyenangkan. Selalu ada aja yang menarik dari mereka. Setiap tumbuhan tentu punya ciri-ciri masing-masing, yang beda satu sama lain. Nah, kali ini kita bakal bahas tentang 3 kelas yang ada dalam golongan divisi Bryophyta alias lumut. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kelas Hepaticopsida (Lumut Hati)

Kamu bisa melihat lumut hati di tempat yang basah, sehingga tubuhnya berstruktur higromorf. Ada juga yang hidup di tempat-tempat yang sangat kering, seperti di kulit pohon, di atas tanah, atau batu cadas sehingga tubuhnya berstruktur xeromorf. Di dalam tubuh lumut terdapat alat penyimpan air sehingga dalam keadaan kekeringan tidak mengakibatkan lumut mati. Keren, kan?

2. Kelas Anthoceropsida (Lumut Tanduk)

Anthocerotales (lumut tanduk) biasa hidup melekat di atas tanah dengan perantara rizoidnya. Lumut yang satu ini punya talus yang sederhana dan hanya punya satu kloroplas pada tiap selnya. Pada bagian bawah talus terdapat stoma dengan dua sel penutup. Lumut tanduk juga mengalami pergiliran keturunan (metagenesis) ketika fase sporofit dan fase gametofit terjadi secara bergiliran.

3. Kelas Bryopsida (Lumut Sejati)

Lumut sejati juga disebut dengan lumut daun. Kurang lebih ada 12 ribu jenis lumut daun yang ada di Bumi. Lumut daun bisa tumbuh di tanah-tanah gundul yang secara periodik mengalami kekeringan, di atas pasir bergerak, di antara rumput-rumput, di atas batu cadas, batang pohon, di rawa-rawa, dan sedikit yang terdapat di dalam air.

Itulah beberapa penjelasan tentang kelas Hepaticopsida, Anthoceropsida dan Bryopsida. Masing-masing tumbuh di habitat yang berbeda, meski kadang mereka juga bisa hidup berdampingan. Coba lihat, apa di dekat rumahmu ada salah satu dari mereka? [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini