Ternyata 4 hal ini jadi penyebab speedometer mati

Rabu, 8 Juli 2015 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Ternyata 4 hal ini jadi penyebab speedometer mati speedometer mati. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Speedometer memang salah satu panel paling penting dalam motor untuk menunjukkan kecepatan kendaraan yang sedang ditunggangi. Nah, apa jadinya jika ternyata speedometer di motor Anda mati? Jelas ini akan membuat Anda pusing karena tidak mampu mengontrol kecepatan motor. Akan tetapi ada juga yang tidak begitu terusik dengan hal itu. Padahal itu merupakan panel penting dalam berkendara.

Tanda-tanda speedometer yang mati, biasanya jarum penunjuk diam di angka 0 kpj. Tidak bergerak meskipun kita membetot gas sekencang apapun. Tanda lain adalah jarum penunjuk bergerak naik turun saat dibawa melaju, serta terkadang jarum bergerak sangat lambat dan kecil. Misalnya kita melaju dengan 80kpj, namun hanya terbaca 30kpj.

Nah, kira-kira apa ya penyebab matinya speedometer motor? Berikut penjabarannya!

1 dari 4 halaman

Karat

speedometer mati. ©2015 Merdeka.com

Karat pada kabel speedometer bisa menyebabkan putus dan tidak dapat lagi berfungsi. karat tersebut disebabkan pertama kali oleh air yang masuk ke dalam kabel, sehingga menyebabkan karat. Sebisa mungkin berhati-hati untuk mencuci atau membawa motor dalam keadaan hujan lebat disertai angin.

2 dari 4 halaman

Cara membawa motor yang salah

speedometer mati. ©2015 Merdeka.com

Seperti yang sudah Anda ketahui, speedometer merupakan panel penunjuk kecepatan. Nah, kabel di dalam speedometer bisa putus tergantung dengan bagaimana Anda membawa motor. Menarik gas dengan cara ugal-ugalan dalam jangka panjang akan dapat merusak kabel speedo. Saat berada di jalan rusak, jangan juga melarikan kendaraan dengan kencang. Sebab, hal tersebut dapat memicu putusnya speedo akibat guncangan tak tak tentu arah.

3 dari 4 halaman

Gear Speedometer mengalami kerusakan

speedometer mati. ©2015 Merdeka.com

Gear speedometer yang sudah aus dapat menyebabkan gangguan. Pastikan gigi nanas masih berbentuk rapi pada alurnya. Kalau sampai ada yang aus sampai mengecil berarti memang waktunya ganti.

4 dari 4 halaman

Tromol roda pecah

speedometer mati. ©2015 Merdeka.com

Rusak atau pecahnya cowak'an tromol bisa berakibat fatal. Speedomoeter akan putus karena tidak dapat memutar kabel. Untuk mengembalikannya ke fungsi semula sangat sulit karena speedometer butuh presisi.

[ega]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini