Honda: Konsumen kini lebih suka hatchback 4 pintu

Selasa, 4 Juli 2017 12:57 Reporter : Syakur Usman
Honda: Konsumen kini lebih suka hatchback 4 pintu Honda Civic Turbo. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat memperkenalkan New Honda Civic Hatchback Turbo di kalangan komunitas mobil Honda di Jakarta bulan lalu, salah satu komunitas yakni Honda Civic Estilo Indonesia (HCEI) tidak suka dengan konsep empat pintu yang dibawa mobil anyar hatchback medium itu.

"Mobil Civic hatchback mestinya dua pintu seperti Civic Estilo. Spirit desain hatchback Honda itu dua pintu, bukan empat pintu seperti sekarang," ujar Gerry Immanuel mewakili HCEI yang juga memiliki Honda Civic Estilo kuning lansiran 1994.

Apa tanggapan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mengimpor mobil ini dari Thailand?

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM, mengaku pihaknya sudah melakukan survei, sebelum memutuskan memasarkan New Civic Hatchback Turbo empat pintu ke Indonesia. Di segmennya, konsumen menginginkan mobil hatchback yang memiliki fun to drive dengan utilitas tinggi.

"Dengan harga jual sekitar Rp 400 jutaan, konsumen segmen ini ingin punya mobil dengan fungsional tinggi. Maka itu, kami pasarkan New Civic Hatchback Turbo dengan empat pintu, sehingga bisa mengangkut orang lebih banyak dan sebagainya," ujar Jonfis pada Merdeka.com baru-baru ini.

Apalagi secara global, lanut dia, Honda Civic Hatchback Turbo memang memiliki desain empat pintu. “Hanya Amerika Serikat dipasarkan Honda Civic Hatchback Turbo versi dua pintu,” katanya.

Namun, Jonfis memaklumi ketidaksukaan desain empat pintu New Civic Hatchback Turbo dari komunitas mobil Honda, HCEI. "Sebagai konsumen fanatik Honda, mereka lebih menikmati unsur kesenangan mengemudi ketimbang fungsionalitas," pungkas dia.

Mengusung tema 'drive sexiness', New Civic Hatchback Turbo ditawarkan dalam dua tipe, yakni E dan S. Masing-masing dibanderol Rp 438 juta dan Rp 399 juta (on the road Jabodetabek). Seluruh tipe tersedia 6 pilihan warna.

Ya, menggunakan nama turbo, maka Honda Civic Hatchback menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi khas Honda, Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kgm pada 5.500 rpm.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan, antara mesin responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal, serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur paddle shift yang bisa untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS). [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Honda
  2. Honda Civic
  3. Otomotif
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini