Hampir Rp 500 juta, all new Toyota C-HR incar eksekutif muda gemar nyetir

Rabu, 11 April 2018 10:43 Reporter : Syakur Usman
Hampir Rp 500 juta, all new Toyota C-HR incar eksekutif muda gemar nyetir Toyota C-HR. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Toyota Indonesia menargetkan penjualan All New C-HR hanya 100-140 unit per bulan. Dengan harga jual Rp 488 - 490 juta, mobil yang memadukan desain mobil coupe dan SUV ini menyasar segmen konsumen tertentu alias niche market di Indonesia.

Siapa target konsumen All New C-HR?

Henry Tanoto, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), menjelaskan mobil crossover yang diimpor dari Thailand ini menyasar konsumen emosional yang suka dengan pengalaman berkendara. Konsumen segmen ini unik dan suka tampil beda, sehingga suka menyetir sendiri mobilnya ketimbang menggunakan sopir.

"Mempertimbangkan keunikan itu, sasaran All New C-HR adalah orang yang sedang menuju kesuksesan, seperti eksekutif muda dan pengusaha muda," ungkap Henry saat peluncuran All New C-HR di Jakarta, Selasa (10/4).

Itu dari sisi target konsumen. Sementara dari sisi produk kompetitor, sebagai crossover, C-HR merupakan tipe baru bagi Toyota Indonesia.

Menurut dia, pemasaran mobil ini dilakukan berdasarkan studi pasar cukup lama. Studi Toyota Indonesia membuktikan ada segmen konsumen yang mendambakan mobil tipe ini.

"Sebenarnya pasar mobil emosional sekarang semakin tinggi. Dulu masyarakat di Indonesia membeli kendaraan karena faktor fungsional, tapi sejak dua tahun terakhir, mulai banyak shifting ke emosional. Jadi sekarang mulai 50 banding 50 lah, antara fungsional dan emosional. Memang semakin tinggi kelasnya, semakin emosional factor yang diinginkan oleh customer," ujarnya.

Sementara Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur TAM, mengungkapkan seperti merek otomotif lain, Toyota ingin memproduksi mobil yang emosional dan menantang hal baru. Karena kesan Toyota selama ini adalah produsen mobil yang nyaman dan aman.

"Toyota mulai hari ini menantang dirinya untuk memproduksi mobil yang lebih emosional tanpa meninggalkan ciri Toyota sebagai produsen mobil yang aman dan nyaman," ujar Nakata.

All New Toyota C-HR adalah mobil Toyota Indonesia pertama yang dipasarkan menggunakan desain global anyar, Toyota New Global Architecture (TNGA). Konsepnya, memadukan mobil coupe dan sport utility vehicle (SUV).

Di Indonesia, All New C-HR dipasarkan Rp 488,5 juta untuk single tone, sedangkan two tone Rp 490 juta. Single tone terdiri dari tiga warna, yakni black attitude, white pearl, dan metal stream. Sementara two tone; mengombinasikan warna red mica metallic dengan black roof dan blue metallic dengan black roof.

Sayang, Toyota Indonesia hanya memasarkan All New C-HR dengan pilihan satu mesin, yakni 1,8L 2ZR-FBE dengan transmisi CVT 7-percepatan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 141 ps per 6.400 rpm dan tporsi 17,4 kgm per 4.000 rpm. Padahal di pasar Eropa/global, C-HR menawarkan tiga pilihan mesin, yakni 1,2L turbocharger; 1,8L hybrid -- mesin sama untuk Prius Gen 4; dan 2,0L. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Toyota C HR
  3. Toyota
  4. Mobil Baru
  5. Otomotif
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini