Turbulensi Kencang Garuda Indonesia, Disebut Bangkrut

Jumat, 12 November 2021 17:42 Reporter : Dwi Aditya Putra
Turbulensi Kencang Garuda Indonesia, Disebut Bangkrut Infografis Garuda Indonesia Terancam Bangkrut. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Garuda Indonesia tengah mengalami turbulensi yang sangat kuat. Maskapai pelat merah kebanggaan negara itu berada di situasi yang pelik. Bahkan, secara teknis, Garuda Indonesia sudah disebut bangkrut.

Anggapan bangkrut karena secara praktik, sebagian kewajiban Garuda Indonesia sudah tak dibayar. Laporan keuangan September 2021, neraca keuangan Garuda Indonesia berada pada posisi negatif USD2,8 Miliar. Hal ini yang jadi salah satu dasar secara teknis, maskapai pelat merah itu telah mengalami kebangkrutan.

Kondisi Garuda Indonesia saat ini dipicu beberapa faktor. Dua diantaranya adalah Pandemi dan korupsi. Warisan manajemen sebelumnya. Dua faktor yang membuat kondisi Garuda saat ini sedang tidak baik-baik saja.

Garuda Indonesia memang masuk pada situasi terburuk yang pernah dialami. Era yang sama saat Robby Djohan masuk di sekitar awal 2000-an. Menghadapi Garuda Indonesia yang terpuruk karena salah urus. Situasi saat ini jauh lebih kompleks.

Salah satu upaya penyelamatan, pembicaraan dengan kreditor untuk merestrukturisasi utang dan mengharapkan untuk mencapai kesepakatan pada kuartal kedua 2022.

"Sejauh ini, langkah terbaik yang didorong adalah penyelamatan melalui negosiasi ulang dengan para lessor. Hal tersebut yang kami lihat sedang diupayakan manajemen Garuda Indonesia saat ini. Hal Itu membutuhkan waktu panjang karena ada puluhan lessor" kata Associate Director BUMN Research Group LM FEB Universitas Indonesia Toto Pranoto. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini