BPPT: Hujan Buatan Sudah Banyak Tapi Kebakaran Sangat Parah

Rabu, 25 September 2019 07:04 Reporter : Anisyah Al Faqir
BPPT: Hujan Buatan Sudah Banyak Tapi Kebakaran Sangat Parah Kebakaran hutan di Penajam Paser Utara. ©BPBD PPU

Merdeka.com - Pemadaman dalam peristiwa kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan masih perlu perhatian khusus. Upaya dilakukan pemerintah dengan menghadirkan hujan buatan yang dikerjakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dianggap sebagai salah satu jalan keluar menyelesaikan masalah tahunan ini.

Selama membuat hujan buatan, lembaga ini bukan tanpa kendala. Negara selama ini tidak memberikan fasilitas cukup sehingga membuat BPPT harus mencari dana. Mereka juga minim kewenangan, tetapi hanya memiliki teknologi.

"Uangnya juga tidak punya. Kami harus cari dana, minta ke BNPB. Itu jadi kendala," keluh Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT, Tri Handoko Seto kepada merdeka.com, Selasa kemarin.

Anggaran hanya salah satu kendala dalam membuat hujan buatan. Masih ada masalah lain untuk kehadiran hujan buatan dalam mengentaskan kebakaran hutan.

Upaya dilakukan memadamkan kebakaran hutan dengan membuat hujan buatan, diakui BBPT belum signifikan. Memang sudah mengurangi kepekatan asap, tetapi langkah ini belum bisa menyelesaikan. Berikut wawancara lengkap Tri Handoko dengan jurnalis merdeka.com Anisya Al Faqir:

Baca Selanjutnya: Proses Penyemaian Hujan Buatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini