Sejarah 21 April: Lahirnya RA Kartini, Tokoh Pelopor Kebangkitan Kaum Wanita RI

Rabu, 21 April 2021 06:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Sejarah 21 April: Lahirnya RA Kartini, Tokoh Pelopor Kebangkitan Kaum Wanita RI RA Kartini. ©2018 Merdeka.com/Jayanti

Merdeka.com - Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. Pasalnya, tanggal tersebut merupakan tanggal kelahiran Raden Adjeng Kartini, salah satu pahlawan nasional wanita yang paling berpengaruh di negara ini. RA Kartini dikenal dengan kegigihannya memperjuangkan pendidikan dan keadilan bagi kaum wanita.

Kegigihannya dan kecerdasan RA Kartini tertuang dalam surat-surat yang berisi pemikiran-pemikirannya untuk memajukan kaum wanita pribumi. Berkat kefasihannya berbahasa Belanda, Kartini mampu mendapatkan informasi dari buku, media cetak, dan sahabat pena dari Belanda.

Korespondensi dan semangat belajarnya yang tak terbatas inilah yang membuatnya semakin sadar akan ketimpangan sosial dan sistem patriarki yang menekan kaum wanita sebangsanya. Untuk itu, ia bertekad ingin memajukan pola pikir dan kesetaraan dalam hal mengenyam pendidikan bagi kaum wanita.

Berikut ini adalah cerita selengkapnya mengenai masa hidup RA Kartini, seorang pahlawan wanita Indonesia yang lahir pada 21 April 1879 di Jepara.

Baca Selanjutnya: Biografi RA Kartini...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini