Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro yang Perlu Dipelajari, Baca Selengkapnya

Selasa, 20 Juli 2021 10:10 Reporter : Edelweis Lararenjana
Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro yang Perlu Dipelajari, Baca Selengkapnya Ilustrasi Uang. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Kekuatan ekonomi memiliki pengaruh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari keputusan untuk memilih barang yang dibeli, memilih jenis pekerjaan, mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, menabung di bank yang memberikan suku bunga tertinggi, menghadapi kenaikan harga barang, dan sebagainya.

Ilmu ekonomi adalah suatu studi yang mempelajari tentang bagaimana individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa untuk kebutuhan konsumsi.

Secara sederhana, ilmu ekonomi sebenarnya didasarkan pada tiga (3) konsep penting, yaitu kelangkaan (scarcity), pilihan (choice), dan pengambilan keputusan (decision making). Ilmu ekonomi muncul karena manusia selalu ingin mendapatkan sesuatu melebihi sumber daya yang dimilikinya.

Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Ilmu ekonomi terbagi dalam dua subjek yakni ekonomi mikro dan makro. Keduanya pun memiliki pengertian yang berbeda. Berikut adalah perbedaan ekonomi mikro dan makro yang menarik untuk dipelajari.

Baca Selanjutnya: Pengertian Ekonomi Mikro...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini