Pengertian Iklim Hujan Tropis dan Manfaatnya bagi Lingkungan, Menarik Diketahui

Kamis, 14 Oktober 2021 17:05 Reporter : Edelweis Lararenjana
Pengertian Iklim Hujan Tropis dan Manfaatnya bagi Lingkungan, Menarik Diketahui Ilustrasi Hutan Hujan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia adalah negara tropis dengan dua iklim yakni hujan dan panas. Hutan-hutan yang ada di wilayah Indonesia pun didominasi oleh jenis hutan hujan tropis. Jenis hutan hujan tropis memiliki tingkat kelembapan yang tinggi dengan curah hujan 1200 mm per tahun. Hutan hujan tropis juga kerap disebut sebagai evergreen karena keadaannya yang terus hijau sepanjang tahun.

Iklim hujan tropis, dikenal juga sebagai iklim khatulistiwa adalah iklim tropis yang biasanya terdapat pada 10 sampai 15 derajat garis lintang khatulistiwa. Kawasan-kawasan ini biasanya mengalami suhu rata-rata tahunan yang tinggi, kisaran suhu yang kecil, dan hujan yang turun sepanjang tahun. Iklim hujan tropis biasanya panas, sangat lembap, dan basah.

Pada iklim hujan tropis, tidak ada musim hujan atau musim kemarau yang jelas karena curah hujan tinggi sepanjang bulan. Suatu hari di iklim hutan hujan tropis bisa sangat mirip dengan hari berikutnya, sedangkan perubahan suhu antara siang dan malam mungkin lebih besar dari rata-rata perubahan suhu sepanjang tahun.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai iklim hujan tropis yang menarik untuk diketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Iklim Hujan Tropis...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini