Museum Daur Ulang Botol Bekas Pertama di Dunia, Ada di Malang

Kamis, 19 Maret 2020 13:00 Reporter : Rizka Nur Laily M
Museum Daur Ulang Botol Bekas Pertama di Dunia, Ada di Malang Museum Botol Bekas. ©2020 Merdeka.com/oxygreen.id

Merdeka.com - Museum daur ulang botol bekas pertama di dunia ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terletak di Pondok Wisata B Walk, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, museum daur ulang botol bekas ini bernama Recycle Museum Hotbottles.

Koleksi museum ini terdiri dari kreasi berbentuk motor, mobil, dan alat transportasi lain yang semuanya berbahan dasar botol bekas. Dihimpun Merdeka dari berbagai sumber, ide di balik tercetusnya Recycle Museum Hotbottles adalah Mohammad Taufiq Shaleh Saguanto.

Lelaki kelahiran Malang itu sebelumnya mengelola perusahaan keluarga besarnya di Jakarta. Tahun 2010, Ia memutuskan kembali ke tanah kelahirannya untuk membuka usaha secara mandiri. Nahas di tahun 2014 atau empat tahun setelah usahanya berjalan, a ditipu orang dan usahanya gulung tikar.

Ia kemudian bereksperimen mendaur ulang barang-barang bekas menjadi produk dengan nilai ekonomi tinggi. Sebelum fokus menggunakan botol bekas sebagai bahan baku kreasinya, Taufiq lebih dulu menggunakan segala jenis barang bekas. Mulai dari alat dapur, mainan anak, alat elektronik, dan lain sebagainya. Pilihan untuk fokus mendaur ulang botol bekas ditekuninya di kemudian hari karena botol plastik bekas lebih mudah ditemukan.

Baca Selanjutnya: Koleksi di Museum Botol Bekas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini