Menilik Kondisi Terkini Ibu Kota Kerajaan Majapahit, Pilihan Objek Wisata di Jatim

Selasa, 18 Februari 2020 12:38 Reporter : Rizka Nur Laily M
Menilik Kondisi Terkini Ibu Kota Kerajaan Majapahit, Pilihan Objek Wisata di Jatim Situs Trowulan. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Trowulan dengan berbagai peninggalan sejarah di sekitarnya memiliki hierarki paling kuat sebagai ibu kota Kerajaan Majapahit. Situs Trowulan yang berada di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur menjadi salah satu bukti kuat bahwa daerah itu sempat menjadi pusat pemerintahan Majapahit. Kabupaten Mojokerto sendiri diresmikan pada tanggal 9 Mei 1293 dan merupakan wilayah tertua ke-10 di Provinsi Jawa Timur.

Di sebelah utara, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu. Di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jombang. Sementara di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan.

Kabupaten Mojokerto terdiri dari pegunungan di bagian selatan dan utara, dataran sedang di bagian tengah, dan bagian utara berupa perbukitan kapur. Wilayah pegunungan yang meliputi Kecamatan Pacet, Trawas, Gondang, dan Jatirejo memiliki tanah yang subur. Sedangkan wilayah utara yang terdiri dari perbukitan kapur tanahnya cenderung kurang subur.

Baca Selanjutnya: Situs Bersejarah yang Bisa Dikunjungi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini