Mengenal Manfaat Alang-Alang, Obat Tradisional Untuk Ragam Penyakit

Kamis, 21 Mei 2020 19:29 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Manfaat Alang-Alang, Obat Tradisional Untuk Ragam Penyakit Ilustrasi rumput gandum. ©Shutterstock.com/aoo3771

Merdeka.com - Alang-alang adalah rumput liar yang diketahui memiliki banyak manfaat. Alang-alang sering juga disebut sebagai rumput ilalang di beberapa daerah. Alang alang (Imperata cylindrica L) adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga tumbuhan Gramineae atau Poaceae. Tanaman yang sering dianggap sebagai gulma oleh masyarakat.

Alang-alang sering tumbuh liar di pekarangan, sawah, lapangan atau halaman kosong yang tidak terawat. Alang-alang sering dianggap sebagai rumput liar yang mengganggu tanaman padi. Padahal, alang-alang mempunyai rasa yang manis dan sejuk. Manfaat alang-alang juga ternyata sangat banyak. Alang-alang mengandung zat aktif yang bersifat anti piretik, diuretik, dan hemostatik. Ini yang membuatnya berkhasiat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat alang-alang yang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

1 dari 8 halaman

1. Obat Panas Dalam

Manfaat alang-alang yang paling populer mungkin adalah sebagai obat untuk meredakan panas dalam. Alang-alang memiliki kandungan yang bersifat anti piretik, sehingga berkhasiat untuk menurunkan panas dalam maupun demam. Bagian yang diolah menjadi obat di sini adalah akar alang-alangnya.

Caranya, ambil beberapa akar alang-alang, cuci hingga bersih, jemur di bawah sinar matahari atau panggang di dalam oven agar cepat mengering. Jika akar telah kering, tumbuk hingga halus seperti bubuk. Anda dapat mengonsumsinya dengan mencampur bubuk akar alang-alang dengan the atau air hangat guna mengobati panas dalam, sakit tenggorokan, dan deman.

2 dari 8 halaman

2. Bantu Obati Keputihan

Manfaat alang-alang yang kedua adalah untuk membantu mengatasi masalah keputihan pada wanita. Keputihan adalah salah satu problem yang paling sering dialami oleh para wanita. Dan ada baiknya memang memanfaatkan obat-obatan tradisional untuk menyembuhkannya.

Akar alang-alang dapat direbus bersama dengan bahan-bahan herbal alami lainnya seperti daun papaya dan pulasari. Air rebusan yang telah disaring dapat diminum secara rutin sebanyak dua kali sehari, siang dan malam. Ramuan ini dipercaya dapat mengobati keputihan dan mencegahnya muncul kembali.

3 dari 8 halaman

3. Obat Darah Tinggi

Manfaat alang-alang yang ketiga adalah dapat digunakan sebagai obat penyakit darah tinggi atau hipertensi. Zat aktif yang terdapat pada akar alang-alang juga dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol dan lemak yang menyebabkan hipertensi. Dengan mengonsumsi air rebusan akar alang-alang secara rutin, dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain mengonsumsi air rebusan akar alang-alang, ada baiknya pola makan juga ikut dijaga. Penderita hipertensi diharapkan untuk menghindari beberapa makanan seperti udang, melinjo, dan konsumsi garam yang berlebih.

4 dari 8 halaman

4. Bantu Atasi Kencing Manis

Manfaat alang-alang yang ke empat adalah sebagai obat kencing manis. Air rebusan akar alang-alang ternyata ampuh juga untuk mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini. Caranya, siapkan 100 gram akar alang-alang yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Potong akar kecil-kecil dan rebus Bersama dengan dua gelas air. Setelah mendidih, saring dan tuang ke dalam gelas. Konsumsi air rebusan saat masih hangat. Apabila dikonsumsi sebanyak dua kali sehari secara rutin, minuman herbal akar alang-alang ini akan membantu Anda meredakan penyakit kencing manis. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi ke dokter mengenai perkembangan kesehatan Anda.

5 dari 8 halaman

5. Bantu Redakan Mimisan

Tanaman herbal paling populer untuk obat mimisan adalah daun sirih. Tetapi siapa sangka, manfaat alang-alang salah satunya juga dapat digunakan sebagai obat mimisan. Caranya sederhana saja. Ambil akar alang-alang segar secukupnya lalu cuci bersih. Tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit air, dan peras sarinya. Air perasan akar alang-alang ini lalu diminum untuk menghentikan pendarahan pada hidung.

6 dari 8 halaman

6. Bantu Obati Asma

Manfaat alang-alang ternyata masih banyak. Kali ini alang-alang diketahui dapat membantu mengobati penyakit asma. Cara membuat ramuan tradisional ini adalah dengan menyiapkan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih dan 50 gram kencur. Rebus ketiga bahan ini hingga mendidih dengan 200 ml air. Setelah mendidih, ramuan disaring dan diminum secara rutin agar asma dapat berhenti. Namun perlu juga diketahui berbagai pantangan kegiatan dan makanan bagi penderita asma untuk mencegahnya sering kambuh.

7 dari 8 halaman

7. Atasi Masalah Susah Buang Air Kecil

Mengalami masalah saat buang air kecil tentu tidak mengenakkan dan sangat mengganggu kenyamanan. Dan, akar alang-alang dapat digunakan untuk mengatasinya. Cara mengonsumsinya masih sama, yaitu merebus potongan akar alang-alang yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Minum air rebusannya secara rutin 2 kali sehari. Jangan lupa disaring dahulu sebelum diminum.

8 dari 8 halaman

8. Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat alang-alang yang ke delapan adalah untuk membantu jaga kesehatan jantung. Hal ini karena akar alang-alang diketahui mengandung imperanene dan graminone B. Kedua kandungan ini berkhasiat untuk menghambat pembekuan sel darah, mencegah terjadinya penyempitan pembuluh aorta di jantung. Anda dapat mengonsumsi air rebusan akar ilalang yang telah disaring untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

[edl]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Info Kesehatan
  3. Jatim
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini