Keutamaan Anak Perempuan dalam Islam, Ketahui Landasan Hadisnya

Senin, 27 Juni 2022 12:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Keutamaan Anak Perempuan dalam Islam, Ketahui Landasan Hadisnya Ilustrasi bayi. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Penting untuk mengetahui apa saja keutamaan anak perempuan dalam agama Islam. Anak adalah anugerah terindah yang dimiliki oleh orangtua. Orang tua pasti akan melakukan dan memperjuangkan banyak cara untuk membesarkan anak-anaknya dengan baik. Tak terkecuali dengan anak perempuan.

Memiliki anak laki-laki maupun perempuan sebenarnya sama-sama membahagiakan. Keduanya juga memiliki keutamaan masing-masing dalam pengasuhannya yang tak boleh diabaikan. Namun dalam artikel ini, kami akan membahas secara lebih terperinci mengenai keutamaan anak perempuan dalam pandangan Islam.

Terdapat landasan hadis yang mengemukakan tentang keutamaan anak perempuan dalam Islam. Berikut ulasan selengkapnya yang menarik untuk diketahui.

2 dari 3 halaman

Hadist Tentang Keutamaan Anak Perempuan

Mengutip laman muslim.or.id, Al Imam Muslim rahimahullah membuat sebuah bab dalam kitab shahihnya dengan judul (باب فَضْلِ الإِحْسَانِ إِلَى الْبَنَاتِ) “Keutamaan Berbuat Baik kepada Anak-Anak Perempuan”. Berikut tiga hadis yang digunakan:

017 hikmah wilda amalia
©2015 Merdeka.com

1. Hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha

جَاءَتْنِى امْرَأَةٌ وَمَعَهَا ابْنَتَانِ لَهَا فَسَأَلَتْنِى فَلَمْ تَجِدْ عِنْدِى شَيْئًا غَيْرَ تَمْرَةٍ وَاحِدَةٍ فَأَعْطَيْتُهَا إِيَّاهَا فَأَخَذَتْهَا فَقَسَمَتْهَا بَيْنَ ابْنَتَيْهَا وَلَمْ تَأْكُلْ مِنْهَا شَيْئًا ثُمَّ قَامَتْ فَخَرَجَتْ وَابْنَتَاهَا فَدَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فَحَدَّثْتُهُ حَدِيثَهَا فَقَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- « مَنِ ابْتُلِىَ مِنَ الْبَنَاتِ بِشَىْءٍ فَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ »

“Ada seorang wanita yang datang menemuiku dengan membawa dua anak perempuannya. Dia meminta-minta kepadaku, namun aku tidak mempunyai apapun kecuali satu buah kurma. Lalu akau berikan sebuah kurma tersebut untuknya. Wanita itu menerima kurma tersebut dan membaginya menjadi dua untuk diberikan kepada kedua anaknya, sementara dia sendiri tidak ikut memakannya. Kemudian wanita itu bangkit dan keluar bersama anaknya. Setelah itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dan aku ceritakan peristiwa tadi kepada beliau, maka Nabi shallallhu ‘alaii wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim 2629)

2. Diriwayatkan juga dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha

جَاءَتْنِى مِسْكِينَةٌ تَحْمِلُ ابْنَتَيْنِ لَهَا فَأَطْعَمْتُهَا ثَلاَثَ تَمَرَاتٍ فَأَعْطَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا تَمْرَةً وَرَفَعَتْ إِلَى فِيهَا تَمْرَةً لِتَأْكُلَهَا فَاسْتَطْعَمَتْهَا ابْنَتَاهَا فَشَقَّتِ التَّمْرَةَ الَّتِى كَانَتْ تُرِيدُ أَنْ تَأْكُلَهَا بَيْنَهُمَا فَأَعْجَبَنِى شَأْنُهَا فَذَكَرْتُ الَّذِى صَنَعَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَوْجَبَ لَهَا بِهَا الْجَنَّةَ أَوْ أَعْتَقَهَا بِهَا مِنَ النَّارِ »

“Seorang wanita miskin datang kepadaku dengan membawa dua anak perempuannya, lalu aku memberinya tiga buah kurma. Kemudian dia memberi untuk anaknya masing-masing satu buah kurma, dan satu kurma hendak dia masukkan ke mulutnya untuk dimakan sendiri. Namun kedua anaknya meminta kurma tersebut. Maka si ibu pun membagi dua kurma yang semula hendak dia makan untuk diberikan kepada kedua anaknya. Peristiwa itu membuatku takjub sehingga aku ceritakan perbuatan wanita tadi kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, : Sesungguhnya Allah telah menetapkan baginya surga dan membebaskannya dari neraka” (H.R Muslim 2630)

3. Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ وَضَمَّ أَصَابِعَهُ

“Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata: Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631).

3 dari 3 halaman

Keutamaan Anak Perempuan bagi Orang Tuanya

Dilansir dari fimela.com, berikut adalah beberapa keutamaan anak perempuan bagi orangtua yang patut diketahui:

1. Pelindung dari Api Neraka

Keutamaan anak perempuan yang paling pokok adalah untuk melindungi orangtua dari api neraka. Dalam sebuah hadis, dijelaskan bahwa orangtua yang dikarunia anak perempuan dalam hidup patut berbahagia. Pasalnya, kehadiran anak perempuan bisa menjadi pelindung di akherat dari api neraka sesuai dengan hadist berikut;  “Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi pelindung baginya di neraka”. (HR Ahmad).

2. Lebih Dekat dengan Rasulullah

Keutamaan anak perempuan yang kedua adalah membuat orangtuanya lebih dekat dengan Rasulullah. Hal ini sesuai dengan hadis yang berbunyi, “Siapa yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai baligh, maka pada hari kiamat antara saya dan dia seperti ini. beliau menggabungkan jari jarinya”. (HR Muslim).

3. Menjadi Jaan Masuk Surga

Keutamaan anak perempuan yang selanjutnya adalah sebagai jalan memasuki surga. Rasulullah bersabda bahwa orangtua yang tulus mencintai dan merawat anak perempuannya dapat mempermudah jalannya untuk masuk surga. “Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga”. (HR Abu Daud).

4. Cerminkan Kelembutan Hati

Keutamaan anak perempuan yang lainnya adalah mencerminkan kelembutan hati. Ya, seorang anak perempuan mampu mencerminkan kelembutan hati orangtuanya. Umumnya, anak perempuan berhati lembut, penuh kasih sayang dan cinta. Inilah yang kemudian membuat orangtua bisa menjadi pribadi yang juga lemah lembut, sabar dan penuh cinta, serta penyayang.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini