Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Membuat Kesimpulan yang Baik dan Benar, Penting Dipelajari

Cara Membuat Kesimpulan yang Baik dan Benar, Penting Dipelajari Ilustrasi menulis. ©2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Merdeka.com - Cara membuat kesimpulan yang baik dan benar penting untuk diketahui. Sebab, tak mudah untuk menulis kesimpulan dalam sebuah makalah atau paper ilmiah.

Cara membuat kesimpulan cukup mudah. Sebuah kesimpulan harus terdiri dari paragraf yang jelas dan meringkas apa saja yang telah Anda presentasikan dalam penelitian. Kesimpulan yang efektif juga dapat menambah dampak pada apa yang telah Anda sajikan dalam makalah.

Kesimpulan bertujuan untuk membantu pembaca memahami mengapa penelitian Anda penting setelah mereka selesai membacanya. Kesimpulan bukan hanya ringkasan dari poin-poin atau pernyataan ulang masalah penelitian Anda.

Tetapi juga sintesis dari poin-poin kunci. Untuk sebagian besar jenis esai, satu paragraf yang dikembangkan dengan baik sudah cukup untuk dijadikan sebagai kesimpulan. Oleh karena itu, cara membuat kesimpulan ini perlu dipelajari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah dalam cara membuat kesimpulan.

Pengertian Kesimpulan

Sebelum mengetahui, cara membuat kesimpulan pahami terlebih dahulu pengertian kesimpulan.

Kesimpulan adalah tulisan yang terdapat pada akhir sebuah makalah penelitian, esai, atau artikel yang merangkum keseluruhan karya tulis tersebut. Paragraf kesimpulan harus menyatakan kembali tulisan, meringkas ide-ide pendukung utama yang didiskusikan, dan menawarkan kesan akhir Anda pada ide sentral.

Kesimpulan juga harus mengandung moral cerita atau pengungkapan kebenaran yang lebih dalam. Kesimpulan yang baik adalah kesimpulan yang merangkum pemikiran akhir dan poin utama, menggabungkan semua informasi terkait dengan daya tarik emosional untuk pernyataan akhir yang beresonansi dengan pembaca.

Tujuan dari kesimpulan adalah untuk menutup tulisan dan memperkuat gagasan utama yang disajikan di badan makalah. Struktur kesimpulan adalah salah satu elemen kunci dari penulisan akademik (misalnya, esai pribadi atau esai argumentatif). Kesimpulan mengikat pernyataan tesis awal yang disajikan dalam paragraf pembuka bersama dengan poin pendukung dan kesan akhir yang memberikan penutupan pembaca.

Kesimpulan yang ditulis dengan baik dapat secara jelas menyampaikan pesan yang sedang coba dibangun oleh penulis. Kesimpulan yang kuat juga dapat memberi pembaca perspektif yang berbeda atau memberi wawasan baru tentang ide lama.

Jenis-Jenis Kesimpulan

Sebelum mengetahui, cara membuat kesimpulan pahami terlebih dahulu jenis-jenis kesimpulan. 

Tergantung pada topik penelitian dan gaya makalah Anda, Anda dapat memilih untuk menulis kesimpulan menurut jenis tertentu. Mengutip indeed.com, terdapat tiga jenis kesimpulan yang paling utama, yakni:

1. Kesimpulan yang meringkas

Jenis kesimpulan yang meringkas biasanya digunakan untuk memberikan ringkasan yang jelas tentang poin-poin utama topik dan tesis Anda. Jenis ini dianggap sebagai bentuk kesimpulan yang paling umum, meskipun beberapa makalah penelitian mungkin memerlukan gaya kesimpulan yang berbeda.

2. Kesimpulan eksternalisasi

Jenis kesimpulan eksternalisasi menyajikan poin atau ide yang mungkin tidak dinyatakan secara langsung atau relevan dengan cara Anda mempresentasikan penelitian dan tesis. Namun, jenis kesimpulan ini bisa efektif karena menyajikan ide-ide baru yang dibangun dari topik yang awalnya Anda sajikan dalam penelitian.

3. Kesimpulan editorial

Dalam jenis kesimpulan editorial, Anda menyajikan ide atau komentar penutup Anda sendiri. Jenis kesimpulan ini menghubungkan pemikiran Anda dengan penelitian yang Anda sajikan. Anda bisa saja menyatakan perasaan Anda tentang hasil atau topik secara umum.

Cara Membuat Kesimpulan

Saat menulis sebuah kesimpulan, Anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah di bawah ini sebagai cara membuat kesimpulan yang baik dan benar:

1. Nyatakan kembali topik penelitian

Cara membuat kesimpulan langkah pertama adalah menyatakan kembali topik penelitian Anda. Biasanya, satu kalimat cukup untuk menyatakan kembali topik dengan jelas, dan jelaskan pulan mengapa topik ini penting. Bagian dari kesimpulan ini harus jelas dan ringkas dan hanya menyatakan informasi yang paling penting.

Berikut contoh kalimat pertama kesimpulan dalam makalah tentang pencemaran air:

"Peningkatan polusi air sejak 2010 telah berkontribusi pada penurunan satwa liar air serta peningkatan air minum yang tidak aman."

Hindari frasa yang jelas seperti "sebagai kesimpulan", "ringkasan", atau "penutup". Ungkapan-ungkapan ini memang berguna dalam presentasi lisan, tetapi dapat terlihat terlalu jelas dan tidak perlu saat mengakhiri esai. Penempatan kesimpulan Anda harus memperjelas tujuannya.

2. Nyatakan kembali tesis

Cara membuat kesimpulan yang kedua adalah dengan nyatakan kembali tesis makalah penelitian Anda. Anda dapat melakukannya dengan merevisi tesis asli yang dipresentasikan di bagian pendahuluan makalah.

Pernyataan tesis dalam kesimpulan harus diucapkan berbeda dari apa yang Anda tulis dalam pengantar. Unsur ini juga dapat ditulis secara efektif dalam satu kalimat.

Berikut contohnya:

"Air bersih sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekologis dan melindungi kesehatan masyarakat."

3. Rangkum poin-poin utama penelitian

Cara membuat kesimpulan yang efektif selanjutnya adalah dengan meringkas poin-poin utama dari makalah penelitian. Sangat membantu untuk membaca makalah Anda untuk kedua kalinya guna memilih hanya fakta dan argumen yang paling relevan.

Anda tidak perlu memasukkan terlalu banyak informasi selain argumen atau fakta utama yang Anda sajikan dalam makalah. Tujuan meringkas poin-poin penting adalah untuk mengingatkan pembaca akan pentingnya topik penelitian.

Berikut adalah contoh untuk membantu mengilustrasikan cara melakukannya:

“Dengan peningkatan pertanian gula, semakin banyak polutan masuk ke pasokan air tawar kita. Peningkatan polusi ini telah berkontribusi pada penurunan besar-besaran kehidupan laut, kematian ikan, peningkatan penyakit pernapasan pada populasi lingkungan dan telah berkontribusi pada kekurangan air bersih untuk air minum."

4. Hubungkan signifikansi atau hasil dari poin-poin utama

Setelah mendiskusikan poin-poin utama dari argumen, selanjutnya Anda dapat mempresentasikan pentingnya poin-poin tersebut sebagai cara membuat kesimpulan lebih lanjut.

Misalnya, setelah menyatakan poin utama yang Anda buat dalam argumen, Anda dapat mendiskusikan bagaimana dampak topik tersebut memengaruhi hasil tertentu. Demikian pula, Anda dapat mempresentasikan hasil studi atau temuan lain yang dapat membantu menambah penekanan pada cara Anda menyajikan pentingnya informasi Anda.

Berikut contohnya:

"Ahli ekologi dan biologi kelautan terus mengukur kualitas air, dan peneliti terus menemukan cara untuk memerangi limpasan polusi dari peternakan komersial. Ke depan, EPA berharap penelitian ini akan mengarah pada penurunan konsentrasi polutan di sistem air tawar kita."

Sebagai tips, jangan mengejutkan pembaca dengan informasi baru dalam kesimpulan Anda yang tidak dirujuk dalam makalah. Kesimpulan adalah tempat di mana Anda menggambarkan nilai penelitian dan menunjukkan pemahaman tentang materi yang Anda sajikan.

5. Simpulkan pemikiran

Saat menyelesaikan pembuatan kesimpulan, Anda dapat membuat ajakan untuk bertindak atau mengajukan ide yang membuat pembaca berpikir lebih jauh tentang argumen Anda.

Anda juga dapat menggunakan contoh kalimat seperti di bawah ini untuk menjawab pertanyaan apa pun yang tidak terjawab di paragraf isi makalah:

"Jika kita tidak dapat memerangi efek buruk pertanian komersial terhadap air bersih kita, ekosistem air tawar dan persediaan air minum kita pasti akan berkurang. Diperlukan lebih banyak penelitian dan inovasi untuk menjaga air bersih kita sambil tetap mendukung kebutuhan pertanian ekonomi."

(mdk/edl)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pengertian Kesimpulan, Fungsi, dan Cara Membuatnya dengan Benar
Pengertian Kesimpulan, Fungsi, dan Cara Membuatnya dengan Benar

Kesimpulan bertujuan untuk membantu pembaca memahami pentingnya suatu penelitian usia membacanya.

Baca Selengkapnya
Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget
Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget

Singkatnya, paragraf deskripsi merupakan sejumlah rangkaian kalimat yang ditulis dengan tujuan menggambarkan sesuatu hal tertentu.

Baca Selengkapnya
Contoh Saran Makalah Beserta Penjelasan Lengkapnya yang Bisa Dipelajari
Contoh Saran Makalah Beserta Penjelasan Lengkapnya yang Bisa Dipelajari

Kumpulan contoh saran makalah beserta penjelasan lengkap yang mudah dipahami.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan atau detail mengenai kata lain dalam kalimat, kecuali kata benda

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya

Kata pengantar memiliki peran penting dalam memberikan pandangan singkat tentang isi karya yang akan dibaca, sambil memberikan rasa penasaran kepada pembaca.

Baca Selengkapnya
Kata Penutupan Presentasi yang Menarik, Begini Cara Membuatnya
Kata Penutupan Presentasi yang Menarik, Begini Cara Membuatnya

Kata-kata penutup yang menarik bukan hanya mengakhiri presentasi dengan baik, namun juga memberikan kesan yang baik pada para pendengar.

Baca Selengkapnya
Pengertian Kerangka Berpikir, Lengkap Beserta Contoh dan Cara Membuatnya
Pengertian Kerangka Berpikir, Lengkap Beserta Contoh dan Cara Membuatnya

Kerangka berpikir adalah suatu konsep atau struktur yang digunakan untuk mengorganisir, memahami, dan menganalisis informasi.

Baca Selengkapnya
Tahapan Pelaksanaan Pemilu di Indonesia, Menarik Dipelajari
Tahapan Pelaksanaan Pemilu di Indonesia, Menarik Dipelajari

Pelaksanaan pemilu memiliki langkah-langkah yang terstruktur dan diatur secara ketat.

Baca Selengkapnya
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya

Teks eksposisi adalah suatu jenis karangan yang memaparkan gagasan, konsep, atau fakta yang bersifat umum.

Baca Selengkapnya