Apa Itu Kondom Beserta Jenisnya yang Wajib Diketahui, Cocok Jadi Referensi Pasutri

Kamis, 28 Januari 2021 19:05 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Apa Itu Kondom Beserta Jenisnya yang Wajib Diketahui, Cocok Jadi Referensi Pasutri Ilustrasi kondom. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan atau perlindungan terhadap penyakit menular seksual (PMS). Mungkin pasangan yang baru menikah masih bertanya-tanya apa itu kondom serta bagaimana cara kerja serta jenis-jenisnya. Namun, kondom saat ini menjadi alat kontrasepsi yang paling mudah ditemukan dan juga digunakan untuk para pasangan suami-istri dalam mencegah terjadinya kehamilan yang tak diinginkan.

Apa itu kondom dan terbuat dari apakah alat ini? Kondom merupakan salah satu kontrasepsi yang terbuat dari bahan sejenis karet yang nantinya dipakaikan pada alat kelamin. Kegunaan kondom adalah sebagai pelindung saat berhubungan seksual. Meskipun kondom saat ini bukanlah hal yang asing bila didengar, namun banyak orang masih awam dan belum mengetahui beberapa jenis dari kondom.

Dilansir dari Very Well Health, berikut merdeka.com telah merangkum mengenai apa itu kondom serta berbagai jenisnya yang dapat kita kenali.

2 dari 4 halaman

Fungsi Kondom

011 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Apa itu kondom serta apa fungsinya? Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang mengurangi adanya risiko penularan penyakit kelamin. Oleh sebab itu, penggunaan kondom akan sangat disarankan jika Anda ingin terhindar dari penyakit menular seksual.
Beberapa fungsi dari kondom:
1. Cegah Kehamilan
Jika menggunakan dengan tepat, maka kondom akan dapat mencegah kehamilan hingga 98 persen. Namun, pada faktanya masih saja banyak pasangan yang menggunakan kondom dengan tidak tepat dan menyebabkan efektivitas dalam mencegah kehamilan menjadi menurun.

2. Tak Kurangi Kenikmatan Hubungan Seksual
Manfaat penggunaan kondom juga tak akan mengurangi kenikmatan hubungan seksual. Kondom saat ini telah banyak diproduksi dalam berbagai bentuk serta tekstur, yang berguna untuk meningkatkan sensasi bagi Anda serta pasangan.

Selain itu, kondom juga menjadi media untuk menunda ejakulasi sehingga hubungan seksual akan dapat berlangsung lebih lama. Selain fungsinya untuk mengurangi penularan penyakit, kondom juga tetap akan memberikan sensasi hubungan yang sama dengan pasangan.

3. Tingkatkan Efektivitas Kontrasepsi yang Lain
Jika pasangan Anda saat ini telah menggunakan metode kontrasepsi seperti pil KB, suntik, cincin, IUD ataupun implan, maka nantinya jika dibarengi dengan penggunaan kondom maka akan jauh lebih efektif untuk meningkatkan fungsi dari alat-alat kontrasepsi tersebut.

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Kondom

012 destriyana
©2015 Merdeka.com/shutterstock

1. Kondom Glow In The Dark
Jenis kondom yang pertama adalah kondom glow in the dark. Sebagian besar merek juga telah disetujui FDA untuk membantu mencegah kehamilan dan PMS. Anda memaparkan kondom ke cahaya setidaknya 30 detik sebelum memakainya agar dapat bersinar.

Kondom jenis ini biasanya tidak beracun dan dibuat dalam tiga lapisan. Lapisan dalam dan luar terdiri dari lateks biasa sedangkan lapisan ketiga mengandung pigmen aman yang mulai bersinar dan disegel di antara dua lapisan lateks. Jenis kondom ini membuat kejutan yang menyenangkan.

2. Kondom Beraroma
Jenis kondom yang berikutnya adalah kondom beraroma. Banyak merek kondom yang mengklaim bahwa kondom mereka memiliki rasa yang enak dan aroma yang menggiurkan. Rasa mungkin terkandung dalam pelumas atau dilapisi pada kondom.

Anda akan menemukan rasa seperti mint, anggur, jeruk, pisang, stroberi, permen karet, cokelat, vanilla, bacon, dan cola. Terkadang mereka diwarnai agar sesuai dengan rasa, dengan kuning untuk pisang dan merah untuk stroberi. 

Jenis kondom ini dimaksudkan untuk menambah dimensi pada seks oral, dan banyak merek kondom juga disetujui FDA untuk kekuatan dan perlindungan.

4 dari 4 halaman

Jenis Kondom yang Lainnya

3. Kondom Bertekstur
Biasanya, pasangan yang ingin memperoleh sensasi baru dalam berhubungan seks, mereka akan mencoba untuk menggunakan kondom bertekstur. Kondom ini dibentuk dan bertekstur untuk meningkatkan kenikmatan baik bagi wanita, pria, atau kedua pasangan (tergantung di mana kancing dan tulang rusuk yang terangkat).

Beberapa dari kondom ini memiliki dua bagian tulang rusuk, di atas dan di pangkal, yang menambah rangsangan di tempat yang tepat untuk wanita. Yang lain berisi ratusan kancing yang ditinggikan di luar untuk kepuasan wanita atau di dalam untuk meningkatkan kenikmatan pria.

4. Kondom Berwarna
Kondom tersedia dalam hampir semua warna. Anda bahkan dapat menemukan kondom tiga warna yang menampilkan warna nasional negara seperti Amerika, Prancis, Spanyol, Rusia, dan Italia.

Kondom dua warna juga tersedia, yang mungkin menyenangkan untuk digunakan selama liburan, seperti hitam dan oranye untuk Halloween, merah dan hijau untuk Natal, dan merah muda dan merah untuk valentine Anda.

Banyak jenis kondom berwarna telah disetujui FDA untuk pencegahan kehamilan dan penyakit menular seksual.

5. Kondom Penghangat
Kondom penghangat cenderung terbuat dari lateks yang lebih tipis untuk membantu meningkatkan sensasi. Mereka biasanya mengandung pelumas penghangat yang diaktifkan oleh kelembapan alami tubuh, yang memanas selama hubungan seksual.

Sensasi lembut dan hangat bertujuan untuk meningkatkan kenikmatan bagi kedua pasangan.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini