Anak Indie adalah Sebutan untuk Remaja Zaman Now, Ini Penjelasan Lengkapnya

Minggu, 22 Mei 2022 08:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Anak Indie adalah Sebutan untuk Remaja Zaman Now, Ini Penjelasan Lengkapnya Ilustrasi matahari. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Anak indie adalah istilah yang pasti kerap Anda dengar belakangan ini. Sebutan ini umum digunakan oleh para remaja hingga orang dewasa muda dalam pergaulan sosial mereka. Fenomena penyebutan anak indie pun lantas membuat orang yang belum pernah mendengarnya menjadi bertanya-tanya, apa sih sebenarnya arti dari anak indie ini?

Kata "indie" sebenarnya adalah singkatan dari kata "independent" dalam bahasa Inggris yang artinya sendiri atau mandiri. Sementara itu, kata indie juga digunakan dalam dunia musik untuk menyebut genre yang bebas dan merdeka, dalam artian musik-musik tersebut diproduksi sendiri di luar label rekaman besar.

Dewasa ini, terutama di Indonesia, kata indie seolah mengalami pelebaran makna. Indie diidentikkan dengan seseorang yang suka mendengarkan musik-musik karya musisi indie sekaligus menyukai aktivitas daki gunung, menikmati sunset di senja hari, suka membaca buku-buku puisi, minum kopi, dan cenderung berkepribadian mellow terutama saat hujan turun.

Wah, ternyata menarik ya, pembahasan tentang istilah anak indie ini. Untuk itu, dalam artikel kali ini merdeka.com akan membagikan informasi seputar apa itu anak indie yang menarik untuk diketahui.

2 dari 3 halaman

Genre Musik Indie

Mengutip laman hummingbirdmag.com, kata indie secara sederhana adalah singkatan dari kata 'independen'. Dalam dunia musik, istilah indie juga cukup sulit dipetakan karena ia bukan bagian dari genre musik. Namun secara umum, artis atau musisi indie adalah mereka yang memproduksi musik secara independen dari label rekaman komersial. Klasifikasi indie ini mencakup artis dari berbagai genre.

Misalnya, dikutip dari repeatreplay.com, tiga label musik terbesar seperti Sony BMG, Universal Music Group, dan Warner Music Group, menguasai sekitar 80% pasar musik. Ketika seorang artis atau band menempuh jalur indie, mereka tidak memiliki koneksi ke tiga label rekaman besar tersebut.

Meski begitu, di sisi lain artis indie juga lebih mudah diakses dan meraih kesuksesan tanpa menandatangani kontrak dengan label besar. Di samping itu ada juga makna sekunder dari indie, yang mengacu pada pengaruh genre. Indie telah dikaitkan dengan genre musik folk, eksperimental, atau alternatif, seperti rock alternatif.

Jadi, pada dasarnya anak indie adalah orang yang menggemari karya-karya musisi indie dan mendukung penuh musik-musik indie. Hal ini bisa terjadi karena memang merupakan selera pribadi, pengaruh lingkungan pergaulan, dan masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Anak Indie

Dalam pergaulan sehari-hari, anak indie adalah istilah yang sering disematkan pada seseorang dengan kepribadian dan ciri-ciri khusus sebagai berikut;

1. Menyukai dan mengikuti perkembangan musik indie baik musisi indie dalam negeri maupun luar negeri.

2. Menyukai kata-kata atau kalimat yang puitis dan sastrawi, berkat lirik-lirik lagu non-konvensional dari musisi indie yang ia sukai atau dari buku-buku kumpulan puisi yang dibaca.

3. Memiliki hobi mendaki gunung. Entah dimulai sejak kapan, tren mendaki gunung di Indonesia seringkali dikaitkan dengan istilah anak indie. Seseorang yang "indie" adalah yang suka mendaki gunung, menikmati pemandangan alam, dan sejenisnya.

4. Terobsesi pada senja dan sunset. Ya, kata anak indie sangat erat kaitannya dengan kata senja. Senja, sunset, hujan, dan sesuatu yang mellow dikaitkan dengan kepribadian anak indie. Jika Anda menyukai senja, ada kemungkinan Anda sudah termasuk dalam kategori anak indie!

5. Hobi minum kopi. Satu lagi hal yang dikaitkan secara erat dengan istilah anak indie, yaitu kopi. Mengilustrasikan seorang anak indie tak boleh lepas dari secangkir kopi. Kemunculan kedai kopi secara masif di seluruh wilayah Indonesia belakangan ini juga secara tidak langsung dipicu oleh tren "anak indie" yang tengah berkembang di pergaulan anak muda zaman now.

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat Anda ketahui tentang serba-serbi anak indie. Jangan sampai salah mengartikannya lagi, ya.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini