8 Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Mudah Diterapkan

Rabu, 24 Juni 2020 15:20 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
8 Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Mudah Diterapkan Ilustrasi Uang. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki fokus pada pembahasan permasalahan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, ekonomi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala bentuk cara atau sistem maupun tingkah laku manusia dalam upayanya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ilmu ekonomi kerap menjadi petunjuk dan bekal bagi para pelaku ekonomi dalam melaksanakan segala kegiatan atau aktivitasnya yang menyangkut perekonomian. Tentunya, bukan tanpa sebab manusia mau mempelajari tentang ilmu ekonomi.

Maka dari itu, manusia mempelajari ilmu ekonomi memiliki tujuan yang sejatinya akan sangat diperlukan demi memenuhi kebutuhannya dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ekonomi akan sangat penting dalam memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum 8 tujuan mempelajari ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari yang telah dilansir dari DosenEkonomi.com

1 dari 8 halaman

1. Untuk Mencari Tahu Pengertian dari Hubungan Peristiwa yang Terjadi Dalam Perekonomian

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi pertama untuk mencari tahu tentang pengertian dari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam proses perekonomian. Dengan mempelajari ilmu ekonomi kita bisa mencari tahu apa hubungan antara kejadian atau peristiwa peristiwa perekonomian yang ada.

Dengan begitu, kita sebagai pelaku ekonomi bisa lebih bijak dalam bertindak dan beraktivitas terutama dalam bidang perekonomian. Bukan hanya itu dengan mengetahui makna atau hubungan dari peristiwa-peristiwa perekonomian kita mampu menarik sebuah kesimpulan bahwasannya peristiwa yang terjadi itu memiliki dampak baik atau buruk bagi perekonomian kita .

2 dari 8 halaman

2. Memanfaatkan Ilmu Ekonomi Sebagai Landasan dalam Pengambilan Keputusan

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi yang selanjutnya adalah untuk memanfaatkan ilmu ekonomi tersebut sebagai landasan dalam sebuah pengambilan keputusan atau kebijakan terhadap suatu masalah yang dapat terjadi. Sebuah permasalahan tentunya membutuhkan sebuah penyelesaian. Penyelesaian itu didapat dari sebuah upaya atau kebijakan.

Dalam dunia perekonomian, pasti sebuah kebijakan akan diterapkan ketika suatu permasalahan terjadi. Misalkan saat terjadi inflasi pemerintah menerapkan sebuah kebijakan dimana uang yang beredar di masyarakat diminimalisasaikan.

Selain itu, ketika banyak pihak yang tidak membayar pajak maka kebijakan juga akan diterapkan pemerintah untuk mengatasi hal tersebut seperti pemberian sanksi dan lainnya. Perlu Anda ketahui bahwasanya suatu pemecahan masalah bisa didapat ketika kita memahami peristiwa yang ada dan memanfaatkannya sebagai alat untuk mengatasi segala permasalahan yang ada.

3 dari 8 halaman

3. Menciptakan Kondisi yang Kondusif dan Baik untuk Kemajuan Perekonomian

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi yang selanjutnya adalah demi terciptanya suatu kondisi yang kondusif demi kemajuan perekonomian dalam masyarakat. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, pastinya semua pelaku ekonomi mampu bersinergi dan bekerjasama dalam upaya menciptakan sebuah kondisi yang baik dan kondusif. Dengan kondisi seperti ini akan menguntungkan bagi semua pihak baik masyarakat dan pemerintah.

Bukan hanya itu, dengan adanya kondisi yang baik maka akan terbentuk kepercayaan di antara sesama pelaku ekonomi sehingga tidak akan menimbulkan persaingan tidak sehat. Memang, dalam ekonomi kita harus bersaing namun dengan sehat. Hal ini bisa terjadi dengan dukungan kondisi yang baik dan kondusif tersebut.

4 dari 8 halaman

4. Melatih Seseorang untuk Mengembangkan Kreativitasnya dalam Berwirausaha dan Mandiri

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk melatih agar seseorang dapat mengembangkan kreativitasnya untuk berwirausaha dan mandiri. Kita telah mengetahui bahwa kemajuan zaman juga menjadikan kehidupan semakin sulit dan ketat jika kita hanya melihat dan bermalas-malasan maka kita akan tertinggal dan tidak mendapatkan apa-apa.

Saat ini semua orang dituntut untuk mampu berwirausaha yakni menghasilkan uang dari kinerja sendiri tanpa harus ikut perusahaan dan lainnya. Selain itu, pentingnya berwirausaha juga akan menjadi ladang pekerjaan bagi para pengangguran.

Maka dari itu, jika kita ingin memiliki kemampuan dan keahlian serta kreativitas guna mendirikan wirausaha maka kita harus mempelajari ilmu ekonomi terlebih dahulu. Dengan mempelajarinya kita tahu bagaimana kita bisa berwirausaha bagaiamna kita menjalankannya dan lain sebagainya

5 dari 8 halaman

5. Melatih Manajemen Kehidupan Manusia

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi yang selanjutnya untuk melatih manajemen dari kehidupan manusia itu sendiri. Mulai dari manajemen waktu, manajemen uang dan manajemen kebutuhan kita.

Dengan adanya ilmu ekonomi, kita bisa membagi waktu uang dan fikiran untuk hal-hal yang baik. Kita tidak akan kekurangan atau salah ketika bertindak karena kita sudah punya landasan manajemn hidup yakkni ilmu ekonomi yang telah kita pelajari.

6 dari 8 halaman

6. Melatih Mengatur dan Mengelola Perekonomian dalam Lingkup Keluarga

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi yang selanjutnya untuk melatih dan mengatur pengelolaan perekonomian dalam lingkup keluarga.  Keluarga bisa menjadi tempat berlatih bagaimana kita mampu mengolah dan mengatur perekonomian yang ada.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, tentunya diperlukan sebuah bekal atau pengetahuan yang bisa kita dapat melalui mempelajri ilmu ekonomi. Dalam ilmu ekonomi, kita akan menemukan berbagai cara dan inspirasi bagaimana kita bisa mengautr dan mengolah perekonomian keluarga kita dengan baik dan bermanfaat.

7 dari 8 halaman

7. Jadikan Manusia Sebagai Agen Perubahan dalam Kehidupan Masyarakat

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi selanjutnya adalah untuk menjadikan manusia sebagai agen perubahan dalam kehidupan masyarakat. Manusia salah satu makhluk yang bisa mengubah dan menjadi agen perubahan di kehidupan masyarakat tentunya dalam hal perekonomian.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi manusia akan mampu memiliki ilmu serta pengetahuan dalam dirinya untuk bisa merubah sesuatu yang salah menjadi benar dan sesuatu yang lambat menjadi efektif dan efisien.

8 dari 8 halaman

8. Membantu Manusia untuk Mengenal Potensi Alam yang Ada

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi yang terakhir dapat membantu manusia agar dapat mengembangkan potensi alam yang ada. Dengan mempelajari ilmu ekonomi manusia mampu mencari tahu dan menemukan potensi alam yang ada di sekitarnya sehingga mereka mampu mengolahnya dan mendapatkan sebuah hasil yang luar biasa.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini