8 Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Protein dan Vitamin

Jumat, 3 Desember 2021 16:43 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Protein dan Vitamin ilustrasi edamame. ©www.hometownseeds.com

Merdeka.com - Manfaat kacang edamame bagi kesehatan tubuh sangat menarik untuk dipelajari. Kacang edamame adalah kedelai utuh yang belum matang. Kacang ini berwarna hijau dan berbeda dari kedelai biasa, yang berwarna cokelat muda, cokelat tua, atau krem. Kacang edamame sering dijual saat masih terbungkus dalam polongnya.

Namun, Anda juga dapat membeli edamame yang telah dikupas dan siap dikonsumsi. Bahkan kini ada juga yang menjual edamame frozen atau beku, yang pastinya lebih tahan lama. Kacang edamame secara alami bebas gluten dan rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, dan merupakan sumber protein, zat besi, dan kalsium yang sangat baik.

Umumnya, Anda dapat dengan mudah memanaskan kacang edamame dengan merebus, mengukus, menggoreng, atau memanaskannya dalam microwave selama beberapa menit sebelum dikonsumsi. Secara tradisional, edamame disajikan dengan sedikit garam dan ditambahkan ke sup, semur, salad dan hidangan mie, atau hanya dimakan begitu saja sebagai camilan.

Edamame disajikan di bar sushi dan di banyak restoran Cina dan Jepang. Anda dapat menemukannya terjual di supermarket besar, biasanya di bagian sayuran beku. Sebagian besar toko makanan kesehatan juga menjualnya. Lantas, bagaimana dengan manfaat edamame bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya, dilansir dari healthline.com.

2 dari 3 halaman

1. Kaya Akan Protein

Manfaat kacang edamame yang pertama adalah kaya akan kandungan protein. Mendapatkan asupan protein yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh yang optimal. Vegan dan mereka yang jarang makan makanan hewani berprotein tinggi perlu memberi perhatian khusus pada apa yang mereka santap setiap hari.

Salah satu perhatian adalah kandungan protein yang relatif rendah dari banyak makanan nabati. Namun, ada beberapa pengecualian. Misalnya, kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Faktanya, mereka adalah landasan dari banyak pola makan vegan dan vegetarian. 155 gram edamame yang dimasak menyediakan sekitar 18,5 gram protein.

Selain itu, kedelai adalah sumber protein utuh. Tidak seperti kebanyakan protein nabati, mereka menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda, meskipun tidak berkualitas tinggi seperti protein hewani.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol

Manfaat kacang edamame yang kedua adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Studi observasional telah menghubungkan kadar kolesterol tinggi yang tidak normal dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Satu ulasan menyimpulkan bahwa makan 47 gram protein kedelai per hari dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 9,3% dan kolesterol LDL ("jahat") sebesar 12,9%.

Analisis studi lain menemukan bahwa 50 gram protein kedelai per hari mengurangi kadar kolesterol LDL sebesar 3%. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyetujui klaim kesehatan untuk protein kedelai dalam pencegahan penyakit jantung.

Selain menjadi sumber protein kedelai yang layak, edamame kaya akan serat sehat, antioksidan, dan vitamin K. Senyawa tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid darah, ukuran lemak termasuk kolesterol dan trigliserida.

3. Tidak Menaikkan Gula Darah

Manfaat kacang edamame yang ketiga adalah tidak berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah. Mereka yang makan banyak karbohidrat yang mudah dicerna, seperti gula, berisiko mengalami peningkatan penyakit kronis. Ini karena pencernaan yang cepat dan penyerapan karbohidrat meningkatkan kadar gula darah, suatu kondisi yang dikenal sebagai hiperglikemia.

Seperti kacang lainnya, edamame tidak meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Edamame rendah karbohidrat, relatif terhadap protein dan lemak. Kacang ini juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Hal ini membuat edamame cocok untuk penderita diabetes dan juga merupakan tambahan yang bagus untuk diet rendah karbohidrat.

4. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Manfaat kacang edamame yang keempat adalah kaya akan vitamin dan mineral. Edamame mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral, serta serat. Edamame diketahui mengandung lebih banyak vitamin K dan folat daripada kacang kedelai matang.

Faktanya, jika Anda mengonsumsi 155 gram kacang edamame, Anda akan mendapatkan sekitar 52% RDI untuk vitamin K dan lebih dari 100% untuk folat.

3 dari 3 halaman

5. Kurangi Risiko Kanker Payudara

Manfaat kacang edamame yang kelima adalah untuk membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Kedelai kaya akan senyawa tanaman yang dikenal sebagai isoflavon. Isoflavon menyerupai hormon seks wanita estrogen dan berikatan lemah dengan reseptornya, yang terletak di sel-sel di seluruh tubuh.

Karena estrogen dianggap memicu jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, beberapa peneliti percaya mengonsumsi kedelai dan isoflavon dalam jumlah besar dapat membantu menurunkan risiko terkenanya. Beberapa penelitian observasional telah mengaitkan asupan tinggi produk kedelai atau isoflavon dengan peningkatan jaringan payudara, berpotensi meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, studi terkontrol jangka panjang diperlukan sebelum kesimpulan yang solid dapat dicapai.

6. Kurangi Gejala Menopause

Manfaat kacang edamame yang keenam adalah untuk membantu mengurangi gejala menopause. Menopause adalah tahap dalam kehidupan seorang wanita ketika dirinya berhenti menalami menstruasi.

Kondisi alami ini sering dikaitkan dengan gejala yang merugikan, seperti hot flashes, perubahan suasana hati dan berkeringat. Studi menunjukkan bahwa kedelai dan isoflavon dapat sedikit mengurangi gejala buruk selama menopause.

Namun, tidak semua wanita terpengaruh oleh isoflavon dan produk kedelai dengan cara ini. Untuk merasakan manfaat ini, Anda harus memiliki jenis bakteri usus yang tepat. Jenis bakteri tertentu mampu mengubah isoflavon menjadi equol, senyawa yang diyakini bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari kedelai. Orang dengan jenis bakteri usus tertentu ini disebut "produsen equol".

7. Kurangi Risiko Kanker Prostat

Manfaat kacang edamame yang ketujuh adalah untuk membantu mengurangi risiko terkena kanker prostat. Kanker prostat adalah jenis kanker paling umum kedua pada pria. Sekitar satu dari tujuh pria dapat mengembangkan kanker prostat di beberapa titik dalam hidupnya. Studi menunjukkan bahwa makanan kedelai, seperti edamame, tidak hanya bermanfaat bagi wanita tetapi juga melindungi terhadap kanker pada pria.

Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa produk kedelai dikaitkan dengan risiko kanker prostat sekitar 30% lebih rendah. Beberapa studi terkontrol memberikan dukungan tambahan, tetapi penelitian lebih lanjut tentu masih diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat ditarik.

8. Cegah Pengeroposan Tulang

Manfaat kacang edamame yang kedelapan adalah untuk membantu mencegah pengeroposan tulang. Osteoporosis, atau pengeroposan tulang, adalah suatu kondisi yang ditandai dengan tulang rapuh yang berisiko lebih tinggi untuk patah. Hal ini terutama umum terjadi pada orang tua.

Beberapa penelitian observasional menemukan bahwa mengonsumsi produk kedelai secara teratur, yang kaya akan isoflavon, dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause. Hal ini didukung oleh penelitian berkualitas tinggi pada wanita pascamenopause yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen isoflavon kedelai selama dua tahun meningkatkan kepadatan mineral tulang peserta.

Isoflavon mungkin memiliki manfaat serupa pada wanita menopause. Satu analisis penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi 90 mg isoflavon setiap hari selama tiga bulan atau lebih dapat mengurangi keropos tulang dan meningkatkan pembentukan tulang.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini