8 Khasiat Daun Saga untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Atasi Malaria

Selasa, 23 Februari 2021 12:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
8 Khasiat Daun Saga untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Atasi Malaria Daun Saga. Google ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu daun saga. Padahal, daun saga sudah menjadi komoditas industri untuk dijadikan obat herbal.

Daun saga merupakan salah satu jenis tanaman polong yang memiliki khasiat dalam dunia pengobatan tradisional. Daun saga juga tak hanya populer dijadikan sebagai obat herbal di Indonesia, tetapi juga sering digunakan di Brazil, Afghanistan, Kamboja, India, serta Afrika.

Daun saga memiliki banyak sebutan seperti Lucky bean creeper, Precatory pea, Rosary pea, Rosary bean, Bead vine, Coral bead plant, Licorice vine, Crabs eye, dan Jequirity. Daun saga memiliki ciri-ciri daun berbentuk kecil, memiliki sirip ganjil, dan rasa yang agak manis.

Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids. Selain itu, daun saga juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, saponin, tannin, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, dan pentosan.

Khasiat daun saga dalam dunia pengobatan tradisional telah populer digunakan untuk bantu meringankan batuk, demam, juga sakit perut. Daun saga yang mempunyai nama latin Abrus precatorius.

Untuk mengetahui dengan rinci, berikut 8 khasiat daun saga untuk kesehatan yang dilansir dari bola.com.

Baca Selanjutnya: Cegah Diabetes Kanker Serta Atasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini