7 Minuman Penambah Stamina yang Aman Dikonsumsi, Jaga Kesehatan

Senin, 24 Agustus 2020 18:43 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Minuman Penambah Stamina yang Aman Dikonsumsi, Jaga Kesehatan Ilustrasi semangat. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/bikeriderlondon

Merdeka.com - Minuman penambah stamina biasanya identik dengan minuman tidak sehat. Padahal, kita juga bisa menambah stamina dengan konsumsi makanan atau minuman yang sehat dan tidak menimbulkan efek samping jangka panjang.

Stamina yang baik dibutuhkan untuk menjalani kegiatan sehari-hari dengan maksimal. Selain itu, stamina yang baik juga identik dengan performa dan kinerja seseorang. Konsumsi minuman penambah stamina atau penambah energi instan tentunya tidak akan baik untuk kesehatan.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum untuk Anda 7 minuman penambah stamina yang aman dikonsumsi, dilansir dari doktersehat.

2 dari 8 halaman

1. Jus Hijau

hijau
©www.fashion-beauty.inf

Minuman penambah stamina yang aman dikonsumsi yang pertama adalah jus hijau. Memulai aktivitas sehari-hari dengan segelas jus hijau merupakan ide yang bagus.

Anda bisa mencoba membuat jus hijau di rumah dengan bahan dasar sayur-sayuran. Jus hijau ini tentunya mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Kandungan klorofil dalam sayuran hijau juga membantu mengoksigenasi darah, sehingga membuat stamina meningkatkan dan otak lebih tajam. Cara membuat minuman penambah stamina berupa jus hijau adalah sebagai berikut:

Bahan

  • Mentimun
  • Seledri
  • Kangkung
  • Kale
  • Bayam
  • Peterseli
  • Lemon
  • Jahe (opsional)

Cara membuat

  1. Gunakan juicer atau blender untuk menghancurkan semua bahan sayuran ditambah dengan jahe.
  2. Siapkan jus dalam gelas kemudian tambahkan perasan lemon.
  3. Jus hijau siap untuk disajikan.
3 dari 8 halaman

2. Teh Hijau dan Delima

ilustrasi teh hijau
©Shutterstock

Minuman penambah stamina yang berikutnya adalah teh hijau dan delima. Teh hijau dapat menjadi sumber kafein alami yang dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh.

Paduan teh hijau, jus delima, dan biji chia tidak hanya akan membantu meningkatkan energi, tapi juga dapat memberikan asupan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara membuat minuman penambah stamina dari teh hijau dan jus delima pun sederhana.

Bahan

  • Teh hijau celup
  • Konsentrat delima
  • Biji chia
  • Madu (opsional)

Cara membuat

  1. Seduh teh hijau dalam segelas air panas. Setelah 2-5 menit, angkat kantong teh.
  2. Tambahkan beberapa sendok konsentrat delima, lalu aduk rata.
  3. Tambahkan 1 sendok madu untuk menambah rasa manis, aduk kembali.
  4. Tambahkan biji chia, teh siap untuk dihidangkan.
4 dari 8 halaman

3. Jus Semangka

semangka
©2015 Merdeka.com/shutterstock/vanillaechoes

Minuman penambah stamina yang berikutnya adalah jus semangka. Jus semangka juga dapat menjadi salah satu minuman penambah stamina pria, terutama stamina seksual.

Semangka kaya akan kandungan L-citrulline, yang merupakan asam amino yang berpotensi memperkuat ereksi. Hal ini disebabkan karena asam amino ini dapat meningkatkan aliran darah ke area genital.

Selain banyak terkandung dalam semangka, L-citrulline juga terkandung dalam beberapa makanan seperti bawang merah dan bawang putih, kacang-kacangan, salmon, daging merah, dan dark chocolate.

5 dari 8 halaman

4. Smoothies Pisang

ilustrasi pisang
©Pexels/Aleksandar Pasaric

Minuman penambah stamina yang berikutnya adalah smoothies pisang. Minuman penambah stamina tidak selalu dikonsumsi sebelum beraktivitas, tapi dapat juga dikonsumsi setelah beraktivitas untuk mengembalikan stamina.

Salah satu minuman yang bisa Anda konsumsi setelah beraktivitas atau melakukan workout adalah smoothies pisang. Pisang mengandung kalium dan magnesium yang bisa menggantikan elektrolit dan meningkatkan fungsi otot.

Minuman ini juga terbuat dari susu dan yogurt yang dapat menjadi sumber protein dan karbohidrat. Keduanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh.

Cara membuat smoothies pisang untuk menambah stamina:

Bahan

  • Pisang
  • Yogurt rendah lemak
  • Susu rendah lemak
  • Ekstrak vanilla
  • Es batu secukupnya

Cara membuat

  1. Campurkan semua bahan dan hancurkan menggunakan blender.
  2. Smoothies siap untuk disajikan. Nikmati selagi dingin.
6 dari 8 halaman

5. Jus Alpukat

ilustrasi alpukat
©Pixabay

Minuman penambah stamina yang berikutnya adalah jus alpukat. Alpukat merupakan sumber lemak baik yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Alpukat juga diklaim sebagai salah satu buah terbaik untuk meningkatkan performa seksual.

Alpukat juga tinggi kandungan asam folat yang dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan sel. Fungsi ini kemudian membantu dalam melawan kelelahan dan meningkatkan stamina tubuh.

7 dari 8 halaman

6. Jus Buah Bit

buah bit
©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Minuman penambah stamina yang berikutnya adalah jus buah bit. Buah bit sendiri memiliki kandungan nitrat yang akan dapat membantu meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan oksigen.

Hal ini membuat buah bit telah dipercaya sebagai buah yang dapat meningkatkan stamina. Selain buah bit, beberapa buah dan sayur yang tinggi kandungan nitrat adalah seperti terong, wortel, dan juga seledri.

8 dari 8 halaman

7. Air Kelapa

air kelapa muda
Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Minuman penambah stamina yang terakhir adalah air kelapa. Air kelapa muda memiliki kandungan mineral yang tinggi, terutama kalium.

Jenis air kepala yang baik tentunya air kelapa alami yang berasal dari kelapa muda. Air kelapa dalam bentuk kemasan umumnya memiliki kandungan gula tambahan.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini