7 Fungsi Jari Kaki dan Penyakit yang Sering Mengintai, Anda Wajib Tahu

Selasa, 30 Juni 2020 15:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Fungsi Jari Kaki dan Penyakit yang Sering Mengintai, Anda Wajib Tahu Ilustrasi kaki. ©Shutterstock

Merdeka.com - Fungsi jari kaki akan berfungsi secara maksimal jika dihubungkan dengan tulang jari kaki. Tulang jari kaki merupakan beberapa bagian tulang yang letaknya berada pada kaki dan terhubung pada aspek plantar atau disebut (telapak kaki) yang berfungsi sebagai sebuah tumpuan bagi tubuh agar memberikan keseimbangan ketika berdiri, berjalan maupun melakukan semua aktivitas lainnya.

Dalam menggerakkan fungsi jari kaki tersebut, tentunya tulang-tulang yang ada pada kaki kita akan berkesinambungan dan akan bekerja menopang tubuh agar bisa tetap berdiri ataupun melakukan aktivitas sehari-hari.

Tentunya, Anda juga harus mengetahui sebenarnya apa saja fungsi dari jari kaki tersebut untuk tubuh Anda bukan? Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum fungsi jari kaki dan penyakit yang sering mengintai yang dilansir dari quipper.co.id

1 dari 2 halaman

Fungsi Jari Kaki

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada seluruh bagian tubuh manusia termasuk jari kaki juga dapat berfungsi optimal berkat adanya tulang-tulang yang akan menyusun jari kaki tersebut. Dengan adanya tulang tersebut, manusia dapat bergerak secara optimal dan akan dapat melakukan seluruh aktivitas seperti sedia kala. Maka dari itu, berikut merupakan penjelasan mengenai tulang penyusun jari kaki yakni sebagai berikut :

  • Pada bagian Jari kaki yang utama/ dikenal dengan sebutan “hallux” ialah merupakan salah satu bagian dari jari kaki yang berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan jari kaki yang lainnya dan disebut juga dengan jempol kaki atau ibu jari kaki.Dimana pada bagian ini letaknya berada pada bagian paling pertama berdasarkan dengan susunan jari yang lainnya atau disebut paling proksimal.
  • Kemudian pada bagian jari kaki yang kedua adalah merupakan salah satu jari bagian dari kaki yang ukuran lebih panjang dan dikenal juga dengan sebutan jari telunjuk kaki.
  • Kemudian pada bagian jari kaki ketiga yakni merupakan salah satu bagian dari anatomi jari kaki yang berukuran paling pendek jika dibandingkan dengan jari pada bagian telunjuk kaki, dan biasa dikenal dengan sebutan jari tengah kaki.
  • Kemudian pada bagian jari kaki yang keempat yakni merupakan salah satu tulang yang berukuran lebih pendek dari jari tengah kaki dan disebut juga jari kaki cincin atau yang biasa disebut jari manis kaki.
  • Kemudian bagian yang selanjutnya ialah Jari kaki yang kelima dimana pada bagian ini ukuran sangat kecil dari pada bagian-bagian yang sudah kita jelaskan diatas dan biasa dikenal dengan sebutan jari kelingking kaki,yang letaknya berada dibagian terluar atau disebut (distal).

Setelah Anda mengetahui bagaiman struktur dari tulang jari kaki tersebut, berikut beberapa fungsi dari fungsi jari kaki pada struktur tubuh manusia :

- Sebagai sistem alat gerak yang pasif

- Sebagai tempat melekatnya jaringan otot

- Sebagai penyokong tubuh

- Berfungsi untuk menegakkan tubuh

- Berperan dalam memproduksi sel darah pada sum-sum tulang

- Sebagai tempat menimbun zat mineral berupa kalsium dan fosfat

- Melindungi organ tubuh

2 dari 2 halaman

Penyakit yang Sering Mengintai

Di dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya mungkin banyak hal yang dapat menganggu sistem kerja ataupun fungsi dari jari kaki itu sendiri, misalnya seperti berolahraga, jatuh akibat tersandung, atau bisa disebabkan oleh memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukurannya,sehingga hal tersebut mangakibatkan terjadi cedera pada bagian jari kaki.

Dibawah ini ada beberapa penyakit yang sering mengintai pada bagian jari kaki yang kerap terjadi:

Jari Kaki Patah

Dalam hal ini biasanya dapat terjadi apabila Anda terjatuh yang diakibatkan tersandung oleh sesuatu sehingga mengalami patah pada bagian jari kaki. Namun, apabila setelah terjatuh tersebut sobat hanya mengalami retak yang kecil atau ringan saja, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara mengikat bagian jari kaki yang retak retak tersebut lalu direkatkan kepada jari kaki lainnya hingga sembuh.

Namun, jika hal tersebut dialami oleh bagian jari kaki yang besar seperti jempol kaki maka Anda harus mengonsultasikannya kedokter perihal sakit yang dialami serta rasakan tersebut agar segera dilakukan penanganan yang intensif dengan cara gips atau bidai.

Adapun suatu tanda-tanda apabila Anda mengalami patah pada bagian jari kaki yakni Anda akan merasakan sakit yang luar biasa, hingga bahkan akan mengalami pembengkakan, serta adanya perubahan terhadap warna pada daerah tulang yang patah.

Hammertoe

Hammertoe merupakan suatu keadaan yang kerap ditandai oleh adanya Deformitas sendi yang letaknya berada pada bagian didekat ibu jari kaki. Dimana pada sendi yang mengalami Hammer toe maka akan menjadi kaku dan bahkan kondisi tersebut akan berbahaya jika tidak dengan segera ditangani dengan seiring berkembangnya kondisi.

Maka dengan hal tersebut akan berakibat pada sendi tersebut tetap berada pada posisi yang menekuk dan tidak akan kembali seperti semula jika tidak segera ditangani.

Bunion

Bunion adalah suatu keadaan yang berlangsung pada saat bagian jempol kaki kita mendorong bagian jari-jari yang lainnya, sehingga mengakibatkan sendi yang ada pada bagian jempol akan terjadi pengecilan atau biasa disebut dengan Bunionettes.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini