7 Cara Mengatur Pola Tidur Saat Puasa, Bantu Tubuh Tetap Kuat dan Produktif

Sabtu, 2 Mei 2020 19:19 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Cara Mengatur Pola Tidur Saat Puasa, Bantu Tubuh Tetap Kuat dan Produktif Ilustrasi tidur. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Cara mengatur pola tidur saat puasa sebaiknya perlu diperhatikan selain pola makan Anda. Hal tersebut didasari oleh keharusan untuk bangun pada dini hari untuk makan sahur akan membuat waktu tidur malam Anda berkurang.

Jika hal tersebut tidak diatur lagi. Hal tersebut dapat membuat puasa Anda jadi tidak lancar.

Perubahan pola tidur saat puasa, tanpa disadari kerap menjadi alasan mengapa kamu sering lemas dan mengantuk sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan produktivitas di sekolah maupun tempat kerja jadi berkurang.

Cara ini akan bermanfaat untuk membuat Anda lebih kuat dan tetap produktif. Jangan jadikan puasa ini sebagai alasan untuk tidak bersemangat menjalani hari, mengatur pola tidur saat puasa akan dipercaya membuat puasa lebih lancar di bulan Ramadan ini.

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami rangkum 7 cara mengatur pola tidur saat puasa, yang dllansir dari Liputan6.com

2 dari 8 halaman

Coba untuk Tidur Lebih Awal

Cara mengatur pola tidur saat puasa yang pertama adalah mengawalkan waktu tidur dari biasanya. Sebisa mungkin, majukan waktu tidur selama bulan puasa dan jadwalkan di waktu yang sama setiap harinya.

Jika Anda tidak membiasakan tidur lebih cepat selama bulan puasa, maka jam tidur akan bisa berkurang rata-rata 40 menit karena terpotong waktu sahur. Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement) yang membuat tubuh akan mudah lemas dan mengantuk di siang hari.

3 dari 8 halaman

Atur Jadwal Tidur dan Bangun Pada Waktu yang Sama

Cara mengatur pola tidur saat puasa berikutnya adalah dengan mengatur jadwal tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

Cara mengatur pola tidur saat puasa satu ini sangat penting, terutama untuk Anda yang kerap kali membalas bangun lebih lama saat akhir pekan atau saat libur sekolah dan kerja.

Aturan tidur dan bangun di jam yang sama juga harus tetap diterapkan selama hari libur. Jika Anda sudah terbiasa tidur teratur, tubuh akan ikut membiasakan diri.

Dengan mematuhi jadwal tidur yang teratur setiap harinya, tubuh akan menjadi lebih ringan, hangat, dan hormon kortisol juga dilepaskan sehingga memberi energi untuk beraktivitas.

Bila Anda tiba-tiba mengubahnya, hal tersebut akan mengganggu metabolisme tubuh.

4 dari 8 halaman

Hindari Makan Besar Sebelum Waktu Tidur

Cara mengatur pola tidur saat puasa yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan makanan Anda sebelum tidur.

Jangan biasakan tidur di saat kelaparan atau bahkan sangat kekenyangan. Sebaiknya, hindari makanan berat beberapa jam sebelum waktu tidur Anda.

Langsung tidur setelah makan besar dapat membuat waktu tidur terganggu, bahkan dapat meningkatkan risiko tubuh terkena stroke.

Jika tubuh dalam kondisi sangat lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan makan dalam porsi kecil, seperti buah atau biskuit gandum.

Selain itu, Rokok dan kafein juga harus dihindari jika Anda ingin menjaga pola tidur saat puasa. Efek stimulasi dari nikotin dan kafein membutuhkan waktu berjam-jam sampai bisa luruh sepenuhnya, sehingga bisa memperburuk kualitas tidur.

5 dari 8 halaman

Sempatkan Tidur Sejenak Setelah Sahur

Menyempatkan waktu untuk tidur sejenak setelah sahur merupakan salah satu cara mengatur pola tidur saat puasa yang dapat Anda lakukan. Namun, apabila Anda langsung tidur setelah sahur akan berdampak negatif bagi tubuh. Untuk itu, biasakan untuk mengusahakan bangun sahur tepat waktu.

Karena dengan demikian, tubuh masih memiliki cukup waktu luang untuk mencerna makanan seoptimal mungkin demi menghasilkan energi yang dibutuhkan.

Setelah itu, Anda masih punya waktu sekitar 1-2 jam sebelum siap-siap melanjutkan rutinitas. Pergunakan waktu kosong ini untuk kembali tidur.

6 dari 8 halaman

Menyempatkan Tidur di Siang Hari

Sebaiknya, pergunakan waktu luang Anda untuk menyempatkan tidur sejenak saja. Anda bisa menyempatkan tidur selama kurang lebih 5 menit saja dan tentunya hal tersebut akan memberikan pengaruh besar untuk tubuh.

Selain itu, manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur siang. Tidur siang selama 20-30 menit saja sudah lebih dari cukup untuk memulihkan energi agar kamu kembali produktif.

Peneliti menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat menutupi kebutuhan tidur harian. Selain itu, tidur siang juga dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur malam.

Hal itu menjadi alasan mengapa tidur siang sejenak menjadi salah satu cara mengatur pola tidur saat puasa yang mudah Anda lakukan.

7 dari 8 halaman

Ciptakan Suasana yang Nyaman

Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman juga bisa dijadikan salah satu cara mengatur pola tidur saat puasa. Buatlah kamar tidur menjadi tempat yang gelap, sejuk dan tenang; dan jauhkan komputer, ponsel, TV, dan perangkat elektronik lainnya dari jangkauan.

Pancaran sinar terang dari perangkat elektronik bekerja meniru sifat cahaya alami matahari. Akibatnya, jam biologis tubuh menganggap cahaya ini sebagai sinyal bahwa hari masih pagi, dan karena itu produksi melatonin, hormon pemicu ngantuk akan menjadi terganggu.

8 dari 8 halaman

Rutin Berolahraga

Cara mengatur pola tidur saat puasa yang terakhir adalah dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, bahkan selama bulan puasa. Hal ini tentunya juga bisa diterapkan sebagai cara mengatur pola tidur saat puasa.

Akan tetapi, sebaiknya hindari berolahraga yang terlalu intens dan terlalu dekat dengan waktu tidur. Jika memungkinkan, sebaiknya olahraga dilakukan sekitar empat hingga lima jam sebelum waktu tidur dan berikan waktu sekitar satu jam untuk pemulihan dari aktivitas fisik sebelum waktu tidur.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini